Skip to content

Beli Buku Diskon 35% (All Item) di Rumah Buku Bandung

September 9, 2009

Tadi sore ketika dalam perjalanan menuju Toko Buku “Toga Mas” di Jalan Supratman Bandung, saya ‘terseret’ iklan spanduk di pesisir jalan Supratman. Materi iklan tersebut yakni dibukanya toko buku baru di Bandung dengan nama “Rumah Buku“. Toko buku tersebut sengaja dibuka pada hari ini, bertepatan tanggal 09/09/09. (Tampaknya pendiri toko buku tersebut mungkin percaya angka keberuntungan….) Dan untuk marketing/pemasaran, “Rumah Buku” mempromosikan diskon 35% untuk semua jenis buku yang mereka jual, tercatat dari tanggal 09/09/09 hingga 23/09/09 atau selama dua minggu.

Karena kebetulan lagi mencari buku “The Joy of Living“, saya akhirnya ‘berhenti’ di toko yang baru ‘lahir’ di tatar Parahyangan ini. Lalu saya masuk ke dalam toko yang berukuran (sekitar 15×20 m²) dan para pegawai toko tersebut relatif ‘menarik’ (ramah dan santun). Dan saya pun melihat ke sekeliling rak buku (cuman lantai 1, sedangkan lantai 2 khusus pegawai) yang ditempelin diskon 35%. Karena tidak begitu yakin, lalu saya konfirmasi kembali kepada pegawai di sana dan mereka mengatakan semua buku mendapat diskon 35%. Senang rasanya mendapat diskon 35%. Dahulu-dahulu, saya membeli buku di Gramedia yang tidak ada diskon, lalu pergi ke Palasari yang mendapat diskon sekitar 25%. Dan dalam setahun terakhir saya lebih senang membeli buku di Toga Mas yang notabene toko buku diskon 15%.

Rumah Buku menyediakan berbagai jenis buku, dari komputer, sains (buku sekolah), religi, umum, motivasi hinga novel. Namun (mungkin) karena baru dibuka, masih banyak buku yang belum tersedia di “Rumah Buku”. Saya hanya mendapat beberapa buku, salah satunya adalah “The Joy of Living” yang harga resmi Rp 59.000, saya peroleh di “Rumah Buku” dengan harga Rp 38.350. Artinya saya dapat diskon Rp 20.65 untuk buku ini. Buku yang lain dengan harga pasaran Rp 80.000, saya peroleh dengan harga Rp 52.000.

*************

Dari Rumah Buku ke Toga Mas

Karena tidak menemukan semua item buku yang saya cari, lalu saya pergi ke Toga Mas yang terletak hanya sekitar 100 meter dari Rumah Buku. Selama 1 tahun terakhir, saya memang senang membeli buku di Toga Mas, karena selain cukup lengkap (hampir sama dengan Gramedia), setiap buku yang ada di Toga Mas didiskon 15% (beberapa buku mencapai 40-50% bahkan lebih). Selain harga, petugas Toga Mas relatif bagus. Ada sekitar 5-8 orang petugas yang standby membantu kita mencari buku yang kita cari, sementara tersedia tiga unit komputer pencari yang menyimpan database buku-buku beserta posisinya.

Ada hal yang unik dari Toga Mas yaitu setiap buku yang kita beli dapat disampul secara gratis oleh para pegawai sana. Dan selama ini, setiap buku yang saya beli selalu disampul. Rupanya Toga Mas menggabungkan prinsip penjualan Toko Gramedia (lengkap dengan petugas yang relatif banyak) + prinsip pasar buku Palasari (diskon + sampul). Dan hari ini di Toga Mas, saya membeli 3 buku, diantaranya Dr. Bruce Goldberg – Self Hypnosis (dari Rp 36.000 menjadi Rp 15.000). Wow…buku yang lain adalah The China Tao of Business yang saya peroleh dengan harga Rp 25.000.

Lumayan…hari ini beli 5 buku, dapat total diskon hampir Rp 100.000. Bagi rekan-rekan yang di Bandung, yang ingin mendapatkan kesempatan diskon buku hingga 35% dapat mencobanya di Rumah Baru yang terletak di Jalan Supratman No. 96 Bandung (atau telp. 022-7233257 untuk informasi). Namun, jika memang buku yang dicari belum tersedia (pas saya tanya, kata mereka/Rumah Buku akan terus diupdate), rekan-rekan bisa mampir di Toga Mas yang cukup dekat. Sama-sama di Jalan Supratman. Karena kebetulan, novel Bencana Jawa 2011 oleh Saudara Yanky belum terlihat di “Rumah Buku”.

Sebagai konsumen, saya senang ada berbagai jenis toko buku yang muncul sehingga kita mendapat keuntungan (persaingan diskon). Tentu saja, kemunculan Toga Mas di beberapa kota Indonesia, membuat Gramedia dalam beberapa event sudah melancarkan hari diskon. Biarlah para pengusaha toko buku ‘perang’ taktik dan diskon!

Salam Perjuangan, 09/09/09
ech-wan

Catatan:
*Diskon 35% hanya diberikan dari 09/09/09 hingga 23/09/2009!
*Lumayan, beli buku untuk oleh-oleh mudik lebaran ke kampung. Kayaknya oleh-oleh buku lebih bernilai jika dibanding hanya makanan seperti Brownies atau garment Bandung… Mari membaca!
*Baru ngeblog lagi setelah hibernasi selama 3 hari… 🙂
*Ternyata..oh..ternyata… (Trims Sdr Kosan) Toga Mas milik Pak Tung Desem Waringin (TDW). Pantasen dia menggunakan prinsip ATM dalam bisnisnya (Amati Tiru Modif). Dan Toga Mas memberi layanan lebih sehingga menjadi value added tersendiri. Ternyata…. pak Tung tidak hanya sekadar ‘ngomong’ doang di mimbar..he… mantuap.

40 Komentar leave one →
  1. widodo permalink
    Juli 15, 2011 9:40 PM

    kira kira ada informasi tempat lain gak untuk toko buku yang sering kasi diskon?

  2. Agustus 29, 2011 5:50 PM

    mau spook’s curse ada?
    sama crazy girl sin bia 1 & 2
    until death do us part 6.. ada?

  3. September 28, 2011 1:14 AM

    wah…bagus juga jadi alternatif maen tuh

  4. Januari 27, 2013 3:09 PM

    Wkt prtma kali aku k Rumah Buka udah betah bgt,aplg d sna bs ngbrl sma pgwainya yg sama2 org tasik jdnya gak BT…;-)

  5. Januari 27, 2013 3:13 PM

    Wktu prtama kali k Rumah Buku aku udah betah bgt,aplagi d sana smpt ngbrol sm pgwainya sama2 org tasik Mangkubumi… 😉

  6. Januari 27, 2013 3:15 PM

    Ya betah bgt d Rumah Buka,aplgi bs ngbrol sm pgwainya sama2 org tasik (mangkubumi),gmn masih ingt ? 😉

  7. Agustus 12, 2014 2:52 PM

    Webnya keren,sangat kreatif,jika ada waktu,mohon kunjungan baliknya ya,thanks!!! http://jualbelirumahs.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

