Skip to content

Tommy Soeharto: Golkar, Koruptor & Pembunuh Hakim Syafiuddin Kartasasmita

Agustus 20, 2009

Tommy Soeharto di Lapas

Tommy Soeharto di Lapas

Dalam headline media massa, nama Tommy Soeharto kerap mencuat ke permukaan. Anak bungsu mantan penguasa Orde Baru ini hangat dibicarakan lantaran ia mencalonkan dirinya sebagai ketua umum Partai Golkar, partai yang menjadi salah satu dari 3 alat politik bapaknya ketika menjadi Presiden RI ke-2 (ABG : ABRI, Birokrat dan Golkar).

Pencalonan Tommy Soeharto menjadi orang nomor 1 di partai beringin bisa dikatakan kejadian ‘aneh’. Bukan karena ia adalah putera penguasa yang dikenal korup-diktator, bukan pula karena cap ‘play boy‘  dirinya yang bercerai dengan istrinya, Tata, putri keturunan bangsawan. Namun, hal ini dikarenakan Tommy Soeharto adalah seorang mantan ‘pesakitan’. Ia ‘sakit’ karena ketika bapaknya menjadi presiden, ia menikmati  uang negara alias korup atas berbagai fasilitas dan proyek. Dan salah satu hal yang tidak dapat dilupakan adalah Tommy Soeharto merupakan aktor intelektual pembunuhan Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita.

Tommy Soeharto dan Golkar

Bila saya merasa janggal, beberapa elit Golkar justru tampak sekali ‘welcome‘ pada Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Bahkan mereka mengelu-elukan bahwa keinginan mantan napi Nusa Kambangan menjadi calon Ketum Golkar merupakan petanda bahwa Golkar memiliki begitu banyak kader muda yang ‘potensial’. Atau bahasa sederhananya, Tommy merupakan salah satu calon Ketum Golkar yang ‘mantuaap‘.

AD/ART Partai Golkar mensyaratkan seorang calon Ketum Golkar harus pernah menjabat sebagai pengurus aktif (Ketua DPP) setidaknya 1 periode (5 tahun). Dari syarat ini saja, Tommy sudah diskualifikasi. Namun,  anehnya sejumlah kader Golkar justru melempar sebuah wacana bahwa   persyaratan ketum Golkar dalam AD/ART tersebut boleh saja diubah atau diganti, sehingga Tommy Soeharto tidak terdiskualifikasi.

Berikut beberapa pernyataan kader/petinggi Golkar yang secara tidak langsung “mengharapkan” Tommy, sang mantan koruptor dan pembunuh dapat menduduki kursi Ketum Golkar.

Rusli Zainal, Gubernur Riau : “Kesempatan (Tommy) masih terbuka. Kami kasih kesempatan kepada kader terbaik.”

Muladi, Gubernur Lemhanas : “Kami terbuka (bagi Tommy), tapi kansnya cukup berat.”

Berbeda dengan dua tokoh di atas, ada tiga tokoh lain yang dalam pesan komunikasi secara tidak langsung menunjukkan kurang berkenan atas kedatangan Tommy Soeharto.

Yuddy Chrisnandi, Calon Ketum Golkar : “Saya tak bisa komentar banyak, tapi kita harus kembali kepada aturan-aturan dasar (AD/ART). Kita tak dapat menghalangi siapa pun yang mau maju menjadi calon ketum. Tapi, kita kan enggak mau, begitu ada (Tommy) yang masuk, (AD/ART) langsung diubah

Fadel Mohammad, Gubernur sekaligus Ketua DPD Golkar Gorontalo : “Beliau (Tommy) bukan organisatoris dan belum punya latar belakang di Golkar. “

Jusuf Kalla, Wapres sekaligus Ketum Golkar : “Memiliki kartu tanda anggota (KTA) Partai Golkar juga tidak cukup untuk menjadi calon ketua umum. Akan tetapi, kalau ingin menjadi calon ketua umum DPP Partai Golkar, ia harus memenuhi syarat AD/ART. Syarat itu sudah baku karena sudah lama berlaku.” [1]

Bila ada kader Golkar yang senang atas ‘kedatangan’ Tommy, tentu mungkin mereka masih beranggapan bahwa Golkar ada tidak bisa lepas dari ‘kebaikan’ Presiden Soeharto. Golkar bisa eksis karena adanya kekuatan uang dan penguasa yang bekerja. Dan sosok Tommy mungkin masuk dalam kriteria tersebut, disamping bahwa Tommy  memiliki kapitalisasi untuk mengambil simpati kepada para pendukung (alm) pak Harto.

Sebenarnya saya tidak peduli apakah AD/ART Golkar akan diubah atau tidak atas kehadiran Tommy, yang pasti itu adalah urusan internal Golkar!. Siapa saja  kader Golkar yang senang dan kurang senang dengan wacana pencalonan Tommy, jelas itu kepentingan internal Golkar! Biarlah mereka urusin sendiri, sibuk dengan kepentingan mereka sendiri! Yang jelas, kita dapat melihat bahwa tidaklah sedikit petinggi Golkar yang hanya bervisi kekuasaan belaka dengan ‘pikiran’ uang sebagai “tuhan” dalam berdemokrasi. Dan bila tabiat kader Golkar masih dibawah ‘penjajahan uang’, maka AD/ART bisa diubah, dan yang bertarung adalah para konglomerat yakni Abu Rizal Bakrie dengan lumpurnya serta Tommy dengan korupsi serta pembunuhannya. Bagaimanapula dengan Surya Paloh si pemilik Media Group dan Yuddy Chrisnandi?

Tommy Soeharto, Terpidana Koruptor & Pembunuh

Dalam wacana ini, saya mengajak rekan-rekan untuk fokus pada kasus  hukum yang pernah dijalanin Tommy Soeharto (TS) yakni serangkaian korupsi serta pembunuhan Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita.  Dari berbagai kasus yang pernah dihadapi TS, saya hanya akan mengambil salah satu kasus TS yakni kasus korupsi  PT Goro Batara Sakti (GBS) dan Bulog yang merugikan keuangan negara Rp 96 miliar. Kasus ini melibatkan Beddu Amang dan Ricardo Gelael. Kasus ini menjadi tragis tatkala, Hakim Agung yang sedang mengadili kasus korupsi TS tewas ditembak oleh suruhan TS.

Tommy Soeharto

Tommy Soeharto

April 1999, terdakwa TS menjalani persidangan kasus korupsi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, namun entah bisikan/intervensi apa, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan vonis bebas atas Beddu Amang (April 1999),  TS dan Ricardo (Oktober 1999) karena alasan tidak ditemukan bukti-bukti kuat.

Keputusan Majelis Hakim PN Jaksel yang pincang ini kemudian oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Fachmi SH, mengajukan kasasi atas dibebaskannya Tommy dan Ricardo Gelael ke Mahkamah Agung pada November 1999. Setahun kemudian, 22 September 2000, Majelis Hakim Mahkamah Agung, yang diketuai M Syafiuddin Kartasasmita (MSK) atas dakwaan perkara korupsi tukar guling tanah gudang beras milik Bulog di kawasan Kelapa Gading ke PT GBS.

Keputusan Majelis Hakim MA yang diketuai oleh MSK  merupakan tamparan keras bagi martabat ‘pangeran’ dinasti Soeharto. Tommy ogah mau disentuh oleh petugas Lapas. Ia lalu meminta grasi  (bahkan dikabarkan menyogok) kepada Presiden Gus Dur, namun Gus Dur tidak mau memberi grasi. Gagal minta bantuan kepada Gus Dur, Tommy mengajukan PK atas putusan MA, namun sekali lagi ditolak. Setelah ditolak, maka tidak ada alasan lagi, Tommy untuk bersenang-senang diluar. November 2000, JPU siap mengeksekusi Tommy ke sel tahanan, namun Tommy berhasil kabur.

Mulai 10 November 2000, Tommy Soeharto menjadi burunan polisi. Tommy merasa terpojokkan, apalagi Bapaknya sudah tidak berkuasa lagi. Tommy mencari akal dan berusaha menggunakan kekuatan yang selama ini dimilikinya agar ia bebas dari jeratan hukum. Lalu, selama menjadi buronan, Tommy menyiapkan rencana untuk membunuh para hakim agung yang ngotot menghukumnya. Salah satu sasaran utama adalah ketua Majelis Hakim Agung MA yakni M Syafiuddin Kartasasmita. Juli 2001, Tommy Soeharto merekrut dua pembunuh bayaran, memberi senjata api sekaligus uang Rp 100 juta untuk mengeksekusi ‘musuh’ pertamanya yakni Hakim MSK . Dan tepat 26 Juli 2001,  dua eksekutor bayaran yakni Mulawarman dan Noval Hadad menembak mati Hakim Agung  MSK. MSK dihantam oleh 4 peluru pesanan putra kesayangan Pak Harto. [2]

Baru pada tanggal 28 November 2001, polisi akhirnya menangkap Tommy di kawasan Pondok Indah- Jakarta .  Atas dakwaan pembunuhan seorang hakim agung yang begitu tragis, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diketuai oleh Amirudin Zakaria pada Juli 2002 memvonis (hanya) 15 tahun penjara kepada Tommy. Hukuman yang berbeda dan sangat diskriminatif, jika kita membandingkan vonis hukuman mati terhadap Gunawan Santosa, aktor intelektual pembunuhan Direktur PT Asaba Boedyharto Angsono dan pengawalnya, anggota Kopassus, Prada Edi Siyep. Padahal dari sisi pelanggaran KUHP, baik Gunawan maupun Tommy sama-sama terjerat pasal KUHP yang sama dalam pembunuhan berencana. Bahkan, Tommy membunuh seorang pejabat negara, seorang hakim agung, sedangkan Gunawan hanya seorang direktur perusahaan. Dimanakah artinya adil dalam ‘wacana’ HUKUM????

Darah kematian  seorang hakim agung (Alm) MSK sama sekali tidak mendapat tempat dan perhatian yang ‘mulia’ oleh Mahkamah Agung (MA)  era Presiden SBY. Pada 6 Juni 2005, MA yang baru menerima kasasi Tommy lalu memberikan vonis lebih ringan pada Tommy yakni 10 tahun penjara (atas dakwaan pembunuhan berencana).  Dan di masa pemerintahan pak SBY pula, seorang pembunuh pejabat negara (hakim agung MSK) dibebaskan dari balik jeruji pada 30 Oktober 2006.  Seorang terpidana koruptor dan pembunuh berencana kepada pejabat tinggi negara hanya dipenjara 4 tahun (2002-2006)!. Tapi, jika para pelaku pembunuh bukan berasal dari penguasa/pejabat, maka mereka dapat dijatuhi hukuman mati, atau setidaknya 20 tahun penjara.

Dimanakah arti dari “persamaan hukum setiap warga dalam UUD 1945”?, apabila terjadi perbedaan perlakuan hukum dan hak asasi kepada warga negara?  Bukankah diskriminasi hukum merupakan ciri bahwa negara tersebut masih menerapkan penjajahan bagi warganya? Sampai kapan, pemerintah dan penyelenggara negara hanya diam dan ikut memainkan sandiwara hukum?

*******************
Mengenang Alm M Syafiuddin Kartasasmita, seorang Hakim Agung yang “agung” dalam kematiannya.

Salam Perjuangan, 20 Agustus 2009
ech-wan @nusantaraku

52 Komentar leave one →
  1. April 22, 2013 6:55 PM

    Tolong dibagikan ea,,,,Info penting,cari di google,ketik,MAFIA BERKELEY ON PEPERONITY

  2. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. permalink
    September 21, 2013 10:36 AM

    “dia bisa lolos dr jeratan hukum indon, NAMUN NGGAK ‘KAN BISA LOLOS DARI PENGADILAN TUHAN” 🙂

  3. Desember 6, 2014 8:47 PM

    Sekarang doi lagi rajin “ngoceh” di twitter, mencari fans dari barisan sakit hati pilpres.

  4. pri permalink
    Desember 6, 2014 9:38 PM

    bersukurlah kau bento menjadi bngsa indonesia, krna cuma di negeri ini yang hukuman untuk seorang koruptor dan pembunuh masih bisa idup, kalo di taiwan atau korea, loe udah lama jadi bangkai.

  5. Pangeran Cendana permalink
    April 3, 2015 8:56 AM

    dan salah satu mulusnya tommy bisa keluar dari hotel prodeo nusakambangan adalah peran serta menkumham yaitu saudara yusril ihza mahendra….

  6. April 22, 2015 8:42 AM

    mengherankan sekali hukum di negeri ini, bukan hanya hakim agung yang dibunuhnya dia juga telah membunuh Munir di Bandara, Tomy Suharto tdk dikenali karna memakai pakaian arab ( surban ) menemui munir berjabat tangan dan berpura pura kenalan dengan beliau yang mengherankan juga kenapa dia bisa keluar masuk penjara untuk melakukan kejahatannya, mungkin disana ada saksi seorang wanita mirip dengan bangsa Singapura di Bandara tersebut. entah pilot atau seorang penumpang pesawat.

  7. pecinta keadilan permalink
    Mei 13, 2015 7:03 PM

    Buat pak alm.m syafinidin kartasasmita,,kami mendoakan engkau agar selalu di beri tempat terbaik di sisi ALLAH, terimakasih telah menegakkan hukum dengan benar,,jasamu akan slalu terkenang, buat para mafia hukum silakan bersenang2 di dunia, gunakan kekayaanmu untuk berlindung dr hukum, dan tunggulah pembalasan ALLAH di hari kebangkitan

  8. Oktober 19, 2015 9:23 AM

    Yg salh kt sendri knp hukum kt tdk mengadakan pembuktian terbalik terhdp harta2 suharto mrk jaya krn uang korupsi smua.klo sdh kadaluarsa bgn bgmn? ?
    Hukum kt smp skrg masih carut marut, sy tdk ngerti hukum tp sy tdk buta hukum.

  9. Oktober 31, 2015 4:31 AM

    Dulu kehidupan saya sekeluarga sangat susah,karna masalah keuangan
    tapi stelah sya mengetahui bahwa AKI ((AGUM SARTO))
    bisa meberikan angka goib 2d.3d dan 4d 100% tembus
    dan sya sudh menang dputaran sgp dan hk benar2 tembus.ini smua berkat bantuan AKI ((AGUM SARTO))
    dan sya coba menghubngi beliau dan alhamdulillah,kini aku bisa merubah kehidupan sya sekeluarga menjadi lebh baik,jadi sya sarankan kepada anda semua
    jika ingin merubah nasib anda menjadi lebih baik,hubugi AKI ((AGUM SARTO)) dnmr hpx: 085,261,888,124
    Pasti tidak mengecewakan trima kasih¤.

  10. bu dita permalink
    Mei 10, 2016 10:43 AM

    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya…waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto…dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya….dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu…akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu…karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia…!!!

    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya…waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto…dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya….dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu…akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu…karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia…!!!

  11. Mei 24, 2016 4:22 AM

    Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak
    pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya
    adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan
    pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan
    suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun
    yang bisa menembus semua nomor yg namanya KI JONGGOL dan saya
    meminta nomor KI JONGGOL pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi
    KI JONGGOL dan alhamdulillah dgn senang hati KI JONGGOL ingin membantu saya asalkan saya
    bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah
    itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada KI JONGGOL berkat bantuan beliau,
    sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,
    bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi KI JONGGOL di No 0852-1654-8879 ATAU KLIK DISINI KI JONGGOL memang para normal yg paling
    terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,
    jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama KI JONGGOL dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,
    ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya.

  12. bocoran togel sgp/hkg jitu permalink
    Juli 6, 2016 9:22 AM

    Assalamualaikum.Wr.Wb.
    SAYA IBUERNADITA SEORANG PENJUAL GORENGAN
    INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA BAHWA SAYA INI DULUNYA ORANG YANG PALING MENDERITA DI DUNIA.SETIAP HARI SAYA SELALU MENGELUH TENTANG MASALAH KELUARGA SAYA, BAHKAN KAMI PERNAH TIDAK MAKAN DALAM 1 HARI , 1 MALAM, KE ESOKAN HARI NYA ADA TETANGGA KAMI YG MEMBAWAKAN MAKANAN DAN TIDAK DISENGAJA DIA JUGA BERCERITA TENTANG MASALAH HIDUPNYA DULU DAN AKHIRNYA DIA MEMBERIKAN NO AKI KAYANA SAKTI ..TIDAK BERPIKIR PANJANG SAYA LANSUNG MENGHUBUNGI AKI KAYANA SAKTI DAN ALHAMDULILLAH BELIAU SANGAT MEMBANTU SAYA, DAN SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA AKI KAYANA SAKTI ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA GHOIB, SYUKUR ALHAMDULILLAH TERNYATA ITU BENAR-BENAR TEMBUS DAN KINI SAYA SANGAT BAHAGIA MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA YG SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ,,DAN KAMI JUGA SUDAH BERENCANA INGIN MEMBUKA TOKO SENDIRI, DAN SEMUA UTANG-UTANG SAYA YANG ADA DI BANK ALHAMDULILLAH JUGA SUDAH BISA TERLUNASI, ITU SEMUA BERKAT BANTUAN AKI KAYANA SAKTI, DAN KAMI SEKELUARGA AKAN SELALU MEN DOAKAN AKI SEMOGA DI BERIKAN REJEKI YANG BERLIMPAH, SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR,,…
    BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA YG MEMERLUKAN BANTUAN AKI KAYANA SAKTI SILAHKAN HUB/SMS DI NOMOR (0823-3664-2456 ) SILAHKAN ANDA MEMBUKTIKANNYA SENDIRI TERIMAH KASIH…

  13. John A permalink
    Juli 13, 2016 5:47 PM

    Dari skala 1-10 saya memberi anda nilai 8.5
    Tulisan anda sangat tajam, dan tidak membosankan. Suatu ironi peradilan negara anda paparkan dalam bentuk tulisan yang bagus.
    Lanjutkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: