Skip to content

Windows OS diujung Tanduk? Welcome Google Chrome OS!

Juli 11, 2009
Chrome

Chrome

Bagi rekan-rekan yang sudah menggunakan browser “Google Chrome”, tentu sudah tidak asing lagi dengan logo di samping tulisan ini. Yah…itu lambang Chrome Google. Saya sendiri lebih senang menggunakan browser Mozilla Firefox, meskipun saya juga menginstall Google Chrome Browser [download]. Sejak pertama kali diluncurkan, Google Chrome sudah digunakan lebih dari 30 juta orang dalam waktu 9 bulan.

Semua orang setuju bahwa dewasa ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan. Bagi sebagian orang, tanpa hari tanpa membuka internet, entah itu buka email, chatting, blogging atau social networking seperti facebook. Yang terakhir ini, telah mewabah secara luas ke pengguna internet Indonesia, dari anak-anak hingga orang tua, baik cewek maupun cowok. Sehingga tidak perlu heran bahwa traffic situs facebook telah mengalahkan situs google dikalangan pengguna internet (netter) Indonesia [selengkapnya].

Google Chrome OS “Penawar” Baru!

Sukses dalam dunia search engine, Google merambah dalam berbagai sektor dari mailing (gmail), video search engine (youtube), blog provider (blogger) dan masih banyak lagi termasuk Android sebagai platform sistem operasi berbasis open source. Kini, Google sedang mengerjakan proyek besar yakni sistem operasi (OS) yang diberi nama Google Chrome Opertaing System (GoCOS*). Sesuai namanya, sistem operasi tersebut merupakan pengembangan lanjutan proyek web browser Chrome.

Jika berjalan sesuai rencana, akhir tahun ini GoCOS akan diluncurkan ke komunitas open source. Dan pada semester ke-2 tahun 2010, netbook (laptop) sudah dapat menggunakan sistem operasi GoCOS dengan cuma-cuma alias gratis. GoCOS juga didesain dapat diinstall untuk dekstop standar (komputer).  Sedangkan proyek Android khusus dirancang untuk merambah dunia ponsel dan set top box. Salah alasan Google membuat OS Google Chrome ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna netbook/notebook yang tidak bisa lepas dari mengakses internet. Sehingga GoCOS dibangun dari platform web browser.

Dengan platform seperti ini, maka para pengguna GoCOS akan mendapat penghematan waktu ekstra. Akses browser internet (layanan online) dengan GoCOS akan jauh lebih cepat dari OS apapun, karena tidak perlu booting (star up atau menyalakan komputer) lama. Sedangkan OS lain (Windows OS, Mac OS, Linux OS)  membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terkoneksi ke internet sejak menyala komputer karena platfotm sistem operasinya tidak dibuat khusus untuk akses ke internet.

Setidaknya ada empat aspek keunggulan Google Chrome OS yakni:

  1. Open Source OS (OS Gratis)
    Dengan memberikan kepada pengguna secara gratis, hal yang berbeda dengan Windows yang untuk mendapatkan kita harus membayarnya. OS gratis ini dapat berjalan untuk sistem prosesor x86 maupun ARM.
  2. Kecepatan operasi/akses
    Dengan platform berbasis browser, maka penggunaan GoCOS akan menghemat waktu yang cukup banyak bagi orang yang memiliki interest yang tinggi dalam aktivitas internet/online. Dalam blog resmi google, dikatakan untuk mengakses internet sejak pertama kali dinyalakan hanya akan membutuhkan waktu beberapa sekon…
  3. Kerampingan
    Dengan sistem yang akan dibangunnya, GoCOS tidak membutuhkan spesifikasi hardware (prosesor, memori dll) yang besar untuk beroperasi dengan cepat. Hal yang mungkin berbeda dengan produk OS terbaru yang membutuhkan spesifikasi tinggi agar bekerja dengan kecepatan tinggi.
  4. Keamanan (security)
    Dengan OS yang bersifat open source (gratis) serta mendesain kembali arstitektur OS yang aman, maka GoCOS diharapkan bebas dari virus, malware dan tidak perlu mengupdate keamanan (antivirus).

Rising of Google Chrome OS = Falling of Windows OS?

Dalam blog chrome-nya, Google mengatakan pihak mereka telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar untuk mendesain dan memproduksi hardware yang akan bekerja secara optimum dengan GoCOS dengan kepuasaan yang tinggi bagi paran pengguna. Perusahaan tersebut diantaranya dalah Acer, Adobe, ASUS, Freescale, Hewlett-Packard, Lenovo, Qualcomm, Texas Instruments, dan Toshiba.

Eric Schmidt (L) CEO of Google, Bill Gates former CEO of Microsoft and Nathan Myhrvold of Intellectual Ventures (R) talk outside the Sun Valley Inn in Sun Valley, Idaho July 9, 2009.

CEO Google- Eric Schmidt (kiri) dan mantan CEO Microsoft-Bill Gates (kanan) dan of Intellectual Ventures Nathan Myhrvold (kanan belakang) berbincang-bincang di Sun Valley Inn in Sun Valley, Idaho July 9, 2009. (xinhua)

Dengan sifatnya open source (gratis), fitur-fitur, kecepatan, kualitas dan berbagai kelebihannya, maka sangatlah mungkin sebagian besar para pengguna komputer yang menggunakan Windows sebagai OS-nya akan mengubah “agama” ke Google Chrome OS. Ini tantang berat bagi Perusahaan Microsoft.  Bila open source Linux belum berhasil mengubah “agama” Windows dari para pengguna komputer secara signifikan, maka menurut saya kehadiran GoCOS bukanlah hal yang sepele atua ecek-ecek. Dengan terobosan baru dan kebutuhan yang tinggi akan aktivitas internet, maka sebagian besar orang (pekerja) akan mudah berpindah “agama”.

Namun, kita masih menunggu, apakah GoCOS dapat bekerja optimal dengan berbagai program aplikasi khusus seperti Matlab, Autocad, SPSS, Modelsim. Karena masih banyak orang yang masih membutuhkan perfoma OS yang baik untuk mensupport berbagai aplikasi yang masih sangat penting dalam kerjanya, tidak hanya sekadar internet’an.

Referensi/catatan :
*GoCos : merupakan singkatan dari penulis sendiri.
OS = operating system atau sistem operasi. Dengan OS maka hardware (prosesor, memory, hard disk, vga dll) dapat terkoneksi dan berjalan semestinya serta dapat ditambahkan berbagai aplikasi.
Googleblog—-Chromeblog—-Kompas

Salam Nusantaraku,
10 Juli 2009, ech-wan

Welcome to Google Chrome OS! How about Windows OS?

10 Komentar leave one →
  1. Juli 11, 2009 11:21 PM

    Wah! Ini mantep jane, tapi tak baca2 kok tambah gak mudeng. Halah, dasar blo on. Salam kenal dan salam hangat mas dari blogger semprul.

  2. Juli 11, 2009 11:24 PM

    Pengen nambah ilmu tapi gak mudeng, maklum biasa ngeblog pake Hapek.

  3. callighan permalink
    Juli 12, 2009 4:40 AM

    Kalau banyak game berkualitas di-porting atau dibuat khusus untuk ChromeOS, saya akan pakai.
    Tapi jika ChromeOS lebih mudah dipakai dari Linux dan memiliki fitur customisasi sistem yang lebih banyak dari Windows dan Mac, ya hijrah lah..

  4. kakaceria :) permalink
    Juli 12, 2009 9:00 PM

    Semoga bisa mengubah ‘agama’ windows ke ‘agama’ google. hehehe

    mampir ke rumahku ya

    http://www.positivecoffee.blogspot.com

  5. Juli 14, 2009 9:50 AM

    wah.. kira-kira dapetin yang gratisannya dimana ya nanti pada saat peluncuran perdananya mudah-mudahan aja udah ada yang share.. hikz.. atau memang gratis..

  6. Juli 16, 2009 4:17 PM

    Permisi, saya mau sharing ya:
    http://tech.blorge.com/Structure:%20/2009/07/15/microsoft-regains-superbrand-title-from-google-in-british-survey/

    http://www.nma.co.uk/microsoft-regains-superbrands-title-from-google/3002421.article

    Informasi diatas didasari pada survei di Inggris.
    Kira-kria di Indonesia bagaimana ya?

    Saya jadi ingat dulu di depok ada warnet yang menggunakan Linux (distro-nya saya lupa).
    Cuma bertahan 1 tahun. Banyak yang complain antarmukanya susah.

    Bagaimana dengan ChromeOS? Jika antarmukanya memerlukan adaptasi yang tinggi bagi pengguna Windows, bisa saja tidak mengungguli Windows.

    Yang paling menyulitkan dari perbedaan OS adalah interoperability dan kompatibilitas antar OS yang buruk.

  7. Agustus 25, 2009 11:36 AM

    thanks mas,info yg bagus,,

  8. Mei 2, 2013 1:36 AM

    I have loaded your website in 4 completely different web
    browsers and I must say your blog loads a lot quicker then most.
    Would you mind emailing me the company name of your web hosting
    company? I’ll sign up through your affiliate link if you have one. Thanks alot 🙂

  9. Mei 26, 2014 7:33 AM

    Pretty great post. I just stumbled upon your
    blog and wanted to mention that I have truly enjoyed surfing
    around your blog posts. After all I’ll be subscribing to your feed and I hope you write
    again soon!

Trackbacks

  1. Google Chrome OS (GoCOS) « Tithagalz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: