Skip to content

Ternyata Jusuf Kalla Ngeblog Juga

Mei 12, 2009

Ketika blogwalking, tiba-tiba terdampar di sebuah blog di kompasiana dengan judul Jusuf Kalla Blog. Awalnya saya sangsi apakah ini benar blognya Jusuf Kalla (JK) – Wapres RI, Ketum Golkar sekaligus Capres 2009. Hal ini muncul karena berkembangnya layanan blog gratisan, maka sesorang bisa-bisa saja membuat blog dengan nama apa saja, dengan jumlah berapa saja asalkan memiliki email berapa saja.

Foto Jusuf Kalla di Blognya

Jusuf Kalla

Setelah saya telusuri dan lihat isi postingan dan komentar yang masuk, maka saya baru percaya bahwa  adalah Jusuf Kalla Blog ternyata milik Saudagar asal Sulawesi. Dari tampilanya, rupanya JK mulai ngeblog sejak  24 Maret 2009 silam yakni kurang dari 1 bulan menjelang Pileg April 2009 silam. Artikel pertama adalah  JK : Pemilu Kita, Semakin Demokratis… Tapi Semakin Mahal…  yang mengulas mahalnya biaya demokrasi kita yang menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Untuk mengurangi mahalnya biaya demokrasi dan banyaknya penyelenggaraan pemilu/pilkada, JK sudah meminta Mendagri untuk segera menyusun sistem pemilu yang lebih terkoordinasi untuk masa yang akan datang.

JK terus memposting hampir 1 artikel per harinya tertanggal 24 Maret hingga 9 April yakni sekitar 20 artikel. Namun, setelah 9 April, jika tidak lagi memposting artikel hingga bulan April berakhir dan baru muncul 10 Mei 2009 silam. Banyak blogger di kompasiana bertanya-tanya dan berspekulasi bahwa “JK hanya nge-blog kalau ada maunya“. Menjelang Pileg, ia muncul dengan segudang posting. Namun, setelah pemungutan suara 9 April, jika menghilang dari blog bak ditelan bumi lalu tiba-tiba muncul lagi setelah mendeklarasikan Capres-Cawapres di Tugu Proklamasi Jakarta 10 Mei silam.

Dan itulah isi artikel pembukaan JK pada bulan Mei ini “Vini, Vidi,Vici“. Dalam artikel tersebut, JK mengungkapkan kata “MAAF” kepada para netter karena ia sudah lama tidak bisa mengisi blog.

MAAFKAN saya karena lama tidak mengisi blog ini. Akhir-akhir ini memang saya sangat disibukkan oleh berbagai hal yang sangat banyak menyita waktu saya, mulai dari urusan negara, partai dan sebagainya. Sehingga mau tidak mau Saya harus menyesuaikan diri dengan beragam aktivitas yang amat kadang amat melelahkan tersebut. Itulah sebabnya mengapa Blog ini semenjak Pileg kemarin tidak ter-update .

Namun, hari ini segala upaya saya dan teman-teman yang lain telah membuahkan hasil. Hari ini 10 Mei 2009 jam 10 Pagi tadi di Tugu Proklamasi Jakarta, saya bersama Pak Wiranto dan disaksikan langsung oleh ribuan simpatisan Partai Golkar dan Hanura telah resmi  menyatakan diri dan bertekad untuk Maju sebagai Capres dan Cawapres pada Piplpres 2009.

Saya boleh meng-klaim bahwa saya dengan Pak Haji Wiranto adalah pasangan Capres dan Cawapres pertama mendeklarasikan diri. Dengan penuh keyakinan dan tanpa keraguan sama sekali, (dan memang dalam memimpin bangsa tidak boleh ragu-ragu) bahwa saya dengan Pak Haji Wiranto Insya Allah mampu menjalankan amanah dengan baik apabila terpilih.

Sumber lengkap silahkan klik : JK : Vini, Vidi,Vici

Artikel pembukaan JK tetap mengisyaratkan bahwa ia memang memiliki semangat cepat dalam memutuskan sesuatu karena dalam memimpin bangsa tidak boleh ragu-ragu dan harus dengan cermat serta rasional dalam memutuskan kebijakan. Lalu, ia bercerita mengapa ia memilih Tugu Proklamasi  sebagai tempat untuk mendeklarasikan Capres dan Cawapres.

*****

Menanggapi blog JK, pertama saya beri apresiasi kepada JK yang sudah ngeblog mengikuti trend blogger. Saya tidak tahu apakah capres dan cawapres lain juga melakukan budaya blog. Kedua JK memilih blog kompasiana milik Kompas, bukan blogger atau wordpress yang dimiliki oleh orang asing. Ini merupakan cara JK menyampaikan bahwa ia lebih senang menggunakan produk dalam negeri. Untuk pilihan ini, saya beri apresiasi.

Apabila JK menggunakan blog sebagai wahana untuk berkampanye, itu adalah haknya. Dan  saya rasa itu juga langkah yang bagus karena dapat menghemat biaya yang besar dalam proses demokrasi. Perlu menghemat biaya dalam iklan yang besar di media massa maupun kampanye terbuka. Disisi lain, saya berharap agar JK jangan hanye ngeblog kalau ada maunya. Harus tetap ngeblog meskipun tidak dalam ajang pileg atau pilpres. Tetaplah ngeblog untuk memberi pemikiran yang luas tidak sebatas kampanye semata.

Dan kita tunggu munculnya blog SBY, Mega, atau Prabowo (atau sudah ada??)

Selamat atas Deklrasi Capres 2009 yang Lebih Cepat.

Salam Perubahan,
12 Mei 2009, ech-nusantaraku

17 Komentar leave one →
  1. Fransisca Viviirani Bahali permalink
    Agustus 13, 2012 10:37 AM

    salam Sejahtera Pak,

    klu tdk keberatan saya minta alamat email bapak, saya sedang meneliti tentang diplomasi pemerintah RI dalam memperjuangkan Komodo sebagai nominasi New 7 wonders of nature tahun lalu…..saya sangat ingin melakukan wawancara dengan Bapak

  2. malik permalink
    Desember 26, 2012 12:37 PM

    minta emailnya jusuf kalla

Tinggalkan Balasan

