Skip to content

Smart : Hemat, Hebat, tapi Lambat

Mei 1, 2009

Sudah hampir 6 bulan saya menggunakan smart Haier D1200P untuk internet. Beli telur dapat ayam…yah itulah iklan PT Smart Telecom yang akhirnya membuat saya membeli HP Smart Haier D1200P + Free Internet 12 GB/6 bulan + Pulsa Rp 20.000 dengan harga Rp 288.000,-.

Bulan-bulan pertama, kecepatannya cukup baik yakni sekitar 60-80 kbps, namun sejak awal Februari hingga saat ini, kecepatan Smart menurun, dan dalam keadaan jam kerja, kecepatan smart hanya berada dibawah 50 Kbps bahkan hanya 30 kbps. Sangat disayangkan bahwa HP Hair yang dikatakan berteknologi 3G, namun kecepatannya tidak lebih cepat dari koneksi via GPRS.

Angka kecepatan 153,6 kbps sangat jarang saya nikmatin. Dibanding harga dan akses yang diberikan, saya relatif puas dengan yang diberikan Smart Telecom. Namun, jika kedepan ada operator lain yang memberikan opsi yang lebih baik dan lebih cepat, tentu saya mempertimbangkan untuk meninggalkan Smart. Dan saya cukup yakin bahwa perang tarif akses internet akan tetap berlangsung seperti tarif telepon/sms yang sudah turun sekitar 80% dibanding 2005.

*****

Gratis Smart Unlimited hanya dengan Rp 50.000

Smart Telecom kembali mengadakan promo internet unlimited hingga 31 Juli 2009 bagi para pengguna kartu Smart. Dengan isi pulsa Rp 50.000, maka kita mendapat gratis internet sepuasnya selama 1 bulan dengan kecepatan maksimum 153.6 Kbps.

Dengan peningkatan jumlah pengguna tanpa diiringi peningkatan fasilitas dan besarnya bandwith dari server Smart, maka hal ini berdampak langsung pada penurunan kecepatan koneksi para pengguna Smart. Dan sebagai konsumen, saya berharap Smart meningkatkan bandwith untuk internet, sehingga dalam membuka email tidak perlu menunggu hingga bermenit-menitan. Secara pribadi, saya bersedia untuk membayar sedikit lebih mahal asalkan kecepatan akses ditingkatkan minimal seperti pada awa promo di akhir tahun 2008. Saya masih memiliki informasi bagaimana kecepatan akses dengan paket Smart Jump. Adakah yang tahu?

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah Smart Telecom mampu meningkatkan kualitas internetnya? Mungkinkah Smart Telecom akan mengalami kegagalan dalam perluasan jaringan internet seperti pernah dialami oleh IM2? Semoga manajemen Smart Telecom mau mendengarkan masukan dari konsumennya.

Terima kasih.
1 May 2009, ech-nusantaraku

Updated Juli 2009

Saat ini, kecepatan akses smart sudah lebih baik, rata-rata sudah bisa menempuh kecepatan diatas 100 kbps. Thanks

20 Komentar leave one →
  1. anto permalink
    Maret 23, 2010 6:14 PM

    rasanya gw pengen banting and injek2 ni modem lamaaaaaaaaaaaaaaa bgt

  2. Maret 28, 2010 11:04 AM

    Bila smart ditawarkan hebat dan hemat seharusnya berlaku seluruh pelosok, karena ternyata download di Yogya saja sulitnya bukan main, karena jangan mengecewakan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

