Skip to content

Anjing dengan Tubuh Bercahaya Berhasil Dikloning

April 30, 2009

Ketertarikan saya mengenai isu kloning sudah lama. Empat h

Foto yang dirilis Universitas Nasional Seoul menunjukkan salah satu anjing jenis beagle hasil kloning yang menyala jika terpapar ultraviolet.

Foto yang dirilis Universitas Nasional Seoul menunjukkan salah satu anjing jenis beagle hasil kloning yang menyala jika terpapar ultraviolet.

ari silam, saya sempat mempostingkan artikel Keberhasilan Kloning Manusia = Kegagalan Agama?. Dan banyak komentar rekan-rekan yang menambah wawasan opini dan oleh karena itu saya ucapkan terima kasih. Belum sepekan berita Dokter Italia Kloning Tiga Bayi dan Dr Zavos Mulai Kloning Manusia, dunia diberitakan kembali bahwa para ilmuwan Korea Selatan mengklaim telah berhasil mengkloning empat ekor anjing jenis beagle yang tubuhnya bisa menyala [sumber : kompas.com].

Korea Selatan memang menjadi negara yang cukup “subur” dalam penelitian kloning. Sejak tahun 2000-an, tampaknya Korea Selatan dapat disebut sebagai negara kloning. Banyaknya hasil kloning pada hewan yang relatif sukses memberi kepercayaan sebagian orang kaya untuk membayar kloning hewan peliharaan seperti anjing dan kucing kepada ilmuwan Korea Selatan. Tingkat keberhasilan kloning cukup menggembirakan, tatkala sulitnya sel sperma menembus sel telur ketika terjadi pembuahan. Hanya ada satu (atau beberapa) sel dari jutaan sel sperma yang berhasil “menang” dalam kompetisi memasuki inti sel ovum. Namun, dengan perkembangan teknologi kloning, probability keberhasilan relatif tinggi.

Berikut cuplikan berita yang saya ambil dari Kompas :

******

Anjing Kloning Korea Tubuhnya Bisa Menyala

Para ilmuwan di Korea Selatan mengklaim telah berhasil mengkloning empat ekor anjing jenis beagle. Uniknya, tubuh keempat anjing tersebut bisa menyala. Tubuhnya hanya akan berpendar warna merah jika dipapar sinar ultraviolet. Bagian yang berpendar terutama di kuku dan bagian tubuh yang berkulit tipis seperti perut.

Profesor Lee Byeoung-chun dari Universitas Nasional Seoul yang memimpin riset kloning ini menyebutnya sebagai anjing transgenik pertama di dunia yang membawa gen fluorescent. Sebelumnya, peneliti AS dan China baru bisa melakukannya pada tikus dan babi.

Pencapaian penting dalam riset ini tidak hanya warna merahnya itu, namun gen yang berhasil kami tanam di tubuhnya,” ujar Lee. Teknik penyisipan gen yang dapat membuat tubuh berpendar biasanya dimanfaatkan untuk mendeteksi sel-sel kanker dalam rangka mengembangkan terapi pengobatan.

Tim yang dipimpin Lee menggunakan sel kulit anjing induknya untuk menghasilkan keempat anjing kloning tersebut. Para peneliti menyisipkan gen fluorescent sebelum intil sel tersebut disuntikkan ke dalam sel telur kosong dan ditanam ke rahim anjing angkatnya.

Anjing-anjing kloning tersebut lahir pada Desember 2007. Awalnya ada 6 ekor anjing kloning yang berhasil lahir dengan selamat, namun dua di antaranya tidak bertahan hidup. Empat lainnya yang sehat diberi nama Ruppy, kependekan dari ruby dan puppy.

********

Dengan perkembangan teknologi kloning saat ini, sangatlah mungkin bahwa dalam waktu dekat kloning manusia akan

Peneliti Korea Selatan berhasil mengkloning empat ekor anjing jenis beagle yang menyala jika tubuhnya terpapar sinar ultraviolet.
Peneliti Korea Selatan berhasil mengkloning empat ekor anjing jenis beagle yang menyala jika tubuhnya terpapar sinar ultraviolet.

cukup berhasil dan pada akhirnya “mungkin” dapat diterima oleh sebagian penduduk dunia. Polemik ini akan terjadi selama 1-3 dekade, lalu mulai meredup. Kasus yang sama dengan Domba Dolly, dimana pada awalnya banyak pihak yang menentang dan menyatakan tidaklah mungkin memreproduksi hewan yang sejatinya berkembangbiak secara seksual dapat berhasil hidup dengan teknologi aseksual.

Kita lihat saja apa yang terjadi 10 tahun mendatang! Apakah akan lahir manusia kloning yang hidup, belajar, makan seperti manusia pada umumnya?

Terima kasih,
30 April 2009, ech-nusantaraku

Iklan
8 Komentar leave one →
  1. April 30, 2009 6:29 PM

    Ngomong-ngomong tentang kloning anjing malah jadi ingat cerpennya SGA
    judulnya Legenda Wongasu he he he apa hubungannya ya?
    kalo di cerpen itu disebutkan manusia menjadi anjing karena jadi pemburu anjing
    nah kalo kloning ini apa bisa dari 2 sel yang berbeda misalnya anjing dengan manusia jadilah Wongasu
    manusia dengan macan jadi Wongmacan
    he he he he

    Re: Om-Blog
    Secara anatomi-fisiologi, kloning dapat dilakukan dalam satu spesies dan tahap masih dimungkinkan adalah dalam satu genus.
    Sedangkan anjing atau macam tidak satu genus, dan jika tidak salah juga bukan dalam satu kelas.
    Saya menangkap makna cerpen tersebut adalah "mental" manusia dapat seperti anjing.
    No idea....:)

    • mail permalink
      Desember 4, 2009 2:45 PM

      kebanyakan ngayal ni yeeeeeeee

  2. April 30, 2009 9:22 PM

    Bingung bagaimana menyikapinya. Di satu sisi ini kemajuan teknologi. Tapi di sisi lain, hati ini menjerit karena sepertinya kita mengangkahi hakNya Tuhan. Semoga bila kloning manusia itu benar bisa terjadi, Tuhan tidak nenyerakkan manusia seperti ketika Ia merobohkan menara Babel krn manusia begitu tergugah menguji ilmu pengetahuan.

    To: ekaria27
    Baik untuk direnungkan.....

  3. deeriee permalink
    April 30, 2009 9:47 PM

    Lain kali kloning uang aja lebih berguna…

    Re: deeriee
    Ha...bisa-bisa aja.

  4. adik.kurniawan permalink
    Mei 1, 2009 1:04 PM

    hyjjyhr

  5. Mei 4, 2009 2:58 PM

    Perasaan artikel ini udah pnh gw baca deh bbrp waktu lalu di lintasberita.com 🙂

  6. nung permalink
    November 24, 2009 8:47 AM

    masa

  7. Desember 7, 2009 11:29 AM

    hahahahaaa…iya jadi inget Legenda wongasu itu…wah jangan2 nanti yang pnya ide mengkloning anjing ini bisa jadi anjing jg…,.hehehee…..(bercanda…:p)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: