Skip to content

John Pilgers – Sang Penguasa Dunia Baru di Indonesia

April 10, 2009

Sang Penguasa Dunia Baru atau New Rulers of The World  (tahun 2002) merupakan film dokumenter karya John Pilgers [biografi di wikipedia], seorang jurnalis terkemuka dunia berkebangsaan Australia yang bekerja di Inggris. Dari berbagai pengalaman dan menjadi saksi hidup pada berbagai peristiwa yang ia liput, membangkitkan semangat dasar nurani John Pilgers untuk membongkar segala ketidakadilan terutama yang dilakukan oleh Amerika dan sekutunya (termasuk Inggris dan Australia tempat dimana ia lahir dan tinggal).

Film ini bercerita tentang globalisasi yang didesain agar menguntungkan negara-negara maju dengan tema utama adalah buruh yang dibudakkan serta utang luar negeri. Pilgers menceritakan bahwa inilah era penguasa baru dunia (the new rulers of the world), khususnya pengaruh bagi sebuah negara : Indonesia.

John Pilgers

John Pilgers

Mengenai buruh, Pilgers memaparkan kondisi buruh pabrik di Indonesia yang mengenaskan yang bekerja di perusahaan multinasional (MNC = multinational company) seperti Nike, Adidas, GAP, sedangkan disisi lain perusahaan MNC dan distributor di negara-negara maju meraup keuntungan yang sangat besar.

Untuk kasus utang luar negeri, John Filger memaparkan bagaimana utang luar negeri telah menjerat Indonesia menjadi negara penghutang (idealnya sepanjang masa) sejak rezim Soeharto. Untuk hal itu, Pilgers melakukan wawancara langsung dengan petinggi IMF dan World Bank (WB). Ia mempertanyakan alasan lembaga keuangan tersebut tetap memberikan punjaman kepada rezim yang jelas korup dan dengan mekanisme yang tidak transparan. Yang jelas dari kebijakan tersebut, World Bank dan negara-negara kreditor mengambil keuntungan yang besar dari mekanisme yang tidak transparan dan cacat hukum tersebut melalui proyek-proyek yang dikerjakan oleh perusahaan multinasional dari negara-negara asal masing-maisng. Jadi, meskipun WB dan negara kreditor memberi pinjaman 100%, namun sebenarnya sebagian besar uang tersebut digunakan untuk membuka lapangan pekerja negara kreditor dan hanya sekitar separuh uang pinjaman tersebut benar-benar masuk ke negara miskin tersebut.

Pada pembukaan film dokumenter tersebut, John Pilgers menyajikan sebuah lagu mengenai globalisasi. Inikah makna globalisasi sesungguhnya?

Keuntungan dunia baru kini
Pemimpin industri besar
Katanya memiliki visi dan misi mulia
tapi kejam kepada ku
Mereka menjanjikan dunia dimana setiap orang menjadi kaya, pintar dan muda
Namun, seandainya pun aku hidup dapat merasakannya
Bagi ku itu sudah sangat terlambat

Itulah fakta yang terjadi di Indonesia. Dan pada awal tahun 2000-an, terjadi gerakan jutaan manusia menentang globalisasi di berbagai penjuru dunia. Globalisasi yang didengung-dengungkan oleh Amerika dan negara kapitalis liberal bahwa akan membawa kemakmuran bagi umat manusia ternyata mengakibatkan jurang pemisah yang begitu besar antara si kaya dan si miskin.

Fakta-fakta tersembunyi globalisasi :

  • Sekitar 10% penduduk dunia menikmati dan memiliki 90% kekayaan dunia, sedangkan sisa 90% penduduk dunia harus merebut 10% uang untuk menghidupi keluarganya.
  • Total kekayaan sekelompok kecil orang yang berkuasa ternyata lebih besar dari total kekayaan seluruh penduduk benua Afrika.
  • Seperempat (1/4) kegiatan ekonomi dunia dapat dikuasai hanya dengan 200 perusahaan MNC.

Efek Globalisasi di Indonesia

Banyak pembeli yang tidak menyadari bahwa di jalan-jalan besar atau di supermarket, berbagai produk dengan merek terkenal, mulai sepatu olahraga, kaos hingga pakaian bayi hampir seluruhnya dibuat di negara-negara yang sangat miskin dengan upah buruh yang sangat rendah, nyaris seperti budah. Fakta : Untuk marketing produk Nike, perusahaan membayar pegolf Tiger Woods lebih besar dibandingkan dengan upah seluruh buruh yang membuat produk Nike di Indonesia.

Sehingga kita perlu tanyakan kembali, inikah globalisasi yang menjadi harapan masa depan dunia?

The New Rulers of The World

The New Rulers of The World


Ataukah globalisasi hanyalah kedok penguasa saat ini yang menggunakan cara-cara lama yang dulunya dilakukan raja-raja dan sekarang diteruskan oleh (perusahaan) MNC dengan bantuan berbagai lembaga keuangan dunia dan pemeritah (Indonesia) sebagai penopangnya?

Itulah penggalan awal sekitar 3 menit film dokumenter John Pilgers sebagai pengantar. Sisanya adalah isi yang sangat menarik kurang lebih 49 menit dengan uraian dan fakta yang mencengangkan. Dari buruk pabrik negar yang kaya dengan sumber daya alam melimpah yang terpaksa bekerja long-shift selama 36 jam di perusahaan rekanan MNC. Ditambah lingkungan kerja yang panas (hingga 40 derajat), dan harus berdiri selama-lama berjam-jam. Dimanakah hati penguasa? Inikah cara menarik investasi asing ala pemerintah dengan menjadikan pekerja sebagai budah dan memperkaya perusahaan MNC?

Lalu, bagaimana dengan utang luar negeri? Benarkah utang luar negeri yang diberikan dari lembaga dan negara asing kepada negara-negara yang kaya sumber daya alam seperti Indonesia memang secara absolut memberikan kemakmuran bagi rakyatnya? Benarkah paradigma utang yang dikeluarkan oleh institusi Amerika seperti WB, IMF, CIA dan sebagainya membawa kesejahteraan dunia? Saksikanlah film dokumenter tersebut, dan bangkitlah paradigma baru. Anda dapat mendownloadnya secara gratis di bawah ini…

John Pilgers – New Rulers of The World

Setelah Anda membaca atau menonton film dokumenter tersebut, apa pendapat Anda?
Sudah benarkah arah kebijakan ekonomi dan politik kita saat ini? Apa yang bisa kita lakukan sebagai rakyat biasa?

10 April 2009 – ech for nusantaraku
Catatan : saya tunggu komentarnya sebagai referensi untuk tulisan selanjutnya “Langkah-Langkah Nyata untuk Membendung Globalisasi Kapitalis” dalam menanggapi “The New Rulers of The World”

Artikel Terkait :  Fakta-Fakta Tersembunyi SBY-JK (3): Utang Indonesia Membengkak 1667 Triliun Rupiah

Iklan
30 Komentar leave one →
  1. Z9K7 permalink
    November 20, 2009 12:34 PM

    Globalisasi aslinya adl Era Pasar Bebas satu dunia sbg satu negara dimana tidak ada lagi gesekan2 kedaulatan negara2 melindungi negaranya masing2.negara2 cuma anjing penjaga stabilitas orang kaya pemenang pasar bebas global tsb. ini adl transformasi ala amerikanisme dr hanya terbatas negara2 amerika utara enjadi…. seluas dunia global!!.
    jd zaman berubah dr zaman sistem kerajaan ke zaman sistem negara2 menjadi sistem 1 Negara Global seluruh dunia../manusia menjadi satu umat bukan dlm pecahan2 negara2 lg.
    Mereka para binatang hukum rimba yg kuat makan yg lemah owner takes them all mereka menguasai nyaris seluruh kekayaan eluruh dunia dimana 80% dininabobokan tittyainment ciptaan mereka

  2. pangeran bernes permalink
    Mei 24, 2010 11:05 PM

    walaupun di dalam pancasila, & Pembukaan UUD ’45 mempunyai arti yg sangat besar bagi bangsa Indonesia ,, namun semuanya tak akan berhasil tanpa pemimpin yang mau dan rela bekerja keras demi negara nya sendiri …
    klo pemimpin nya sepele dgn kondisi negara ini & mau2 saja menuruti kebijakan2 negara kapitalis otomatis semuanya bakal gk akan sejalan seperti apa yg tlah di cita2 kan ketika negara ini merdeka ….
    so,, kita harus jd negara yg mandiri ….
    tdk takut akan kebijakan oleh negara2 kapitalis …

    (ketika Kondisi negara kita seperti ini….kita tidak usah takut menghadapi nya…yakin lah kita sebagai kaum muda penerus bangsa ini bisa mencari jalan keluar dlm masalah bangsa ini)….

    JAYALAH TERUS BANGSA KU INDONESIA KU

  3. pangeran bernes permalink
    Mei 24, 2010 11:07 PM

    walaupun di dalam pancasila, & Pembukaan UUD ’45 mempunyai arti yg sangat besar bagi bangsa Indonesia ,, namun semuanya tak akan berhasil tanpa pemimpin yang mau dan rela bekerja keras demi negara nya sendiri …
    klo pemimpin nya sepele dgn kondisi negara ini & mau2 saja menuruti kebijakan2 negara kapitalis otomatis semuanya bakal gk akan sejalan seperti apa yg tlah di cita2 kan ketika negara ini merdeka ….
    so,, kita harus jd negara yg mandiri ….
    tdk takut akan kebijakan oleh negara2 kapitalis …

    (ketika Kondisi negara kita seperti ini….kita tidak usah takut menghadapi nya…yakin lah kita sebagai kaum muda penerus bangsa ini bisa mencari jalan keluar dlm masalah bangsa ini)….

    BANGKITLAH BANGSA KU INDONESIA KU

  4. Maria Santi permalink
    September 27, 2010 7:30 AM

    informasi penting.

  5. aytar permalink
    Oktober 13, 2011 6:16 PM

    cara downloadnya gmn yaa..

  6. hilda permalink
    Juni 20, 2012 9:56 PM

    keren dokumentasinya… yakinlah kita bisa merubahnya

  7. ulfa permalink
    Oktober 28, 2012 2:13 PM

    sungguh miris melihat kenyataan ini.
    yakin kita bisa merubah ketidakadilan ini.

Trackbacks

  1. Documentary FIlm by Jhon Pilger: “Sang Penguasa Dunia Baru di Indonesia” | Bayt al-Hikmah Institute
  2. Ichwan Sobirin » The New Rulers Of The World
  3. Indonesia – Tak Bosan diRAMPOK – 1 « haluan politik
  4. Indonesia – Tak Bosan di.R.A.M.P.O.K – 1 « haluan politik
  5. Salah Satu Sebab Kenapa Kita Bertambah Miskin… « DjunDiBlog
  6. 10 Merek Sepatu Terpopuler Di Indonesia - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: