Skip to content

Peristiwa Penting Februari 2009

Maret 8, 2009

Kembali saya mendokumentasikan berita-berita menarik dan populer yang terjadi sepanjang bulan Februari 2009. Sebelumnya saya mendokumentasikan 8 berita populer dan menarik pada  Januari 2009. Berikut 10 berita pilihan saya (mohon ditambahkan jika saya lupa)

Tragedi Kematian Ketua DPRD Sumut – Abdul Aziz Angkat : 3 Februari 2009

Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat tewas akibat aksi demonstrasi anarkis oleh sekelompok oknum yang ingin mendesak DPRD Sumut untuk mengabulkan pembentukan provinsi terpisah dari Sumatera Utara yakni Provinsi Tapanuli. Karena dipukul dan didesak oleh ribuan massa, penyakit jantung Abdul Aziz kumat dan menyebabkan tewas dalam perjalan menuju rumah sakit. Dalam penyelidikan kepolisian, diketahui bahwa para demonstran yang terdiri dari berbagai elemen termasuk mahasiswa dibayar oleh sekelompok aktor intelektual. Referensi : Detiknews dan 3D : Demonstrasi, Demokrasi dan Democrazy

Misteri Dukun Cilik Jombang – Moh. Ponari  : 5 Februari 2009

Dukun Ponari (10 tahun)…ya..namanya mencuat di media massa pada awal Februari 2009. Ia dikenal sebagai dukun cilik Jombang yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Meskipun tidak semua pasien sembuh, animo masyarakat tidak kunjung redam untuk mendapat pengobatan Ponari melalui “batu petirnya”. Hingga awal Maret, praktik dukun Ponari resmi ditutup oleh kepolisian.
Referensi : Dukun Cilik Jombang : Rationality Vs Magic Power dan Analisis Faktor Penyembuhan Air Ponari

Dirut Pertamina Baru – Karen Agustiawan : 5 Februari 2009

Pada tanggal 5 Februari 2009, Karen Agustiawan dilantik menjadi Direkur Utama (Dirut) Pertamina menggantikan Ari Sumarno. Karen menjadi wanita pertama yang menjabat dirut di BUMN bonafit ini. Sebagai dirut baru, Karen Agustiawan memprioritaskan enam program utama, yakni menjamin pasokan BBM dan elpiji, peningkatan produksi migas, melanjutkan program jangka panjang, mengedepankan efektifitas dan efisiensi, mempercepat transformasi, dan menjaga intregitas dengan tetap bekerja secara profesional. Good luck.
Referensi : Dirut Pertamina Baru

Tragedi Kematian Mahasiswa Geodesi ITB – Dwiyanto : 8 Februari 2009

Pada tanggal 8 Februari 2009, Dwiyanto Wisnugroho (20 tahun) tewas ketika mengikuti serangkaian kegiatan pelantikan Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB angkatan 2007 di i Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dwiyanto tetap mengikuti serangkaian acara menguras tenaga meskipun ia sedang sakit dan lelah yang pada akhirnya meninggal dalam perjalanan menuju RS Boromeus Bandung.
Referensi : Mahasiswa ITB Tewas Saat Ikut Ospek dan Mahasiswa ITB Tewas : Perlukah Ospek?

Konflik Pernyataan Demokrat vs Golkar   : 10 Februari 2009

Menjelang pemilu 2009, para polikus tampaknya lebih mementingkan masalah partai daripada kepentingan bangsa. Pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan pun tidak menunjukkan ciri politikus yang beretika dan terkesan sangat sombong. Begitulah kata yang tepat ditujukan pada Wakil Ketua Umun DPP Partai Demokrat, Ahmad Mubarok yang menghina Golkar dengan mengatakan Golkar hanya akan memperoleh 2.5% dan kemungkinan Demokrat akan meninggalkan JK pada 2009.  Pernyataan Ahmad Mubarok pun menarik perhatian Presiden dan Wapres RI yang harusnya lebih fokus pada masalah bangsa, tapi terjebak dalam kepentingan politik partai semata.
Referensi : Komentar JK dan Komentar SBY

Indonesia Menjadi Negara Kunjungan Ke-2 Hillary Clinton   : 18  Februari 2009

Dibawah kepemimpinan Presiden Barack Obama, negara-negara Asia menjadi mitra utama Amerika Serikat. Dan Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan dalam politik luar negeri Amerika. Tanggal 18 Februari 2009, Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton mengunjungi Indonesia selama 2 hari dan Indonesia menjadi negara ke-2 Hillary dalam masa awal jabatannya untuk melakukan  kunjungan luar negerinya setelah Jepang.
Re : Menlu AS Hillary Clinton Tiba di Indonesia dan Hillary Clinton: AS Kini Prioritaskan Asia

Komet Lu Lin “Berkunjung” ke Bumi   : 24 Februari 2009

Jika pada 26 Januari 2009 terjadi Gerhana Matahari, maka pada tanggal 24 Februari 2009, planet bumi “didatangi” Komet Lu Lin. Pada tanggal 24 Februari, komet Lu Lin memiliki jarak orbit terdekat dengan bumi yakni sekitar 61 juta kilometer. Posisi terdekat komet Lu Lin menjadi sajian menarik pada berbagai media massa khususnya dalam bidang astronomi. Di daerah kawasan bumi utara, Komet Lu Lin dapat terlihat dengan mata telanjang.
Referensi : Komet Lu Lin Lintasi Bumi dan Komet Lu Lin dan “Keluarga”-nya (Foto-Foto)

Konspirasi Izin Buddha Bar Jakarta   : 26 Februari 2009

Buddha Bar Jakarta yang didirikan pada November 2008 mendapat protes oleh kalangan umat Buddha Indonesia. Pemakaian nama, simbol dan ornamen Buddha dalam bisnis bar merupakan hal yang tidak dapat ditoleris mengingat ini merupakan bentuk penghinaan dan telah melanggar konstitusi negara.  Berdasarkan UU dan KUHP, jelas para pejabat pemerintah baik pemda Jakarta maupun menteri pemerintahan SBY-JK telah salah memberi izin berdirinya franchising Buddha Bar Jakarta. Jika hal ini terjadi, maka ini merupakan konspirasi tingkat tinggi yang dilakukan pejabat di negeri ini.  Disinyalir ini merupakan korupsi kebijakan yang dilakukan oleh pejabat negara bersama para penguasa partai.
Referensi : Anak Megawati Miliki Buddha Bar bersama Renny Sutiyoso

Terima kasih
echnusa – 8 March 2009

Sebelumnya : Peristiwa Penting Januari 2009

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: