Skip to content

5 Kota Terkorup dan Terbersih Indonesia 2008

Januari 22, 2009

5 Kota Terkorup dan Terbersih Indonesia 2008

Berdasarkan survei lembaga Transparency International Indonesia (TTI) pada bulan September – Desember 2008 terhadap 50 kota Indonesia, diperoleh Yogyakarta sebagai kota terbersih dari praktik korupsi. Yogyakarta meraih angka Indeks Indeks Persepsi Korupsi (IPK) sebesar 6.43. Sedangkan kota terkorup diraih Kupang (Nusa Tenggara Timur) dengan meraih hanya meraih IPK  2.97.

5 Kota Terbersih dari yang terkorup di Indonesia dengan nilai IPK

  1. Yogyakarta ( 6.43 )
  2. Palangkaraya ( 6.1 )
  3. Banda Aceh ( 5.87 )
  4. Jambi ( 5.57 )
  5. Mataram ( 5.41 )

5 Kota Terkorup di Indonesia

  1. Kupang ( 2.97 )
  2. Tegal ( 3.32 )
  3. Manokwari ( 3.39 )
  4. Kendari ( 3.43 )
  5. Purwokerto ( 3.54 )

Lihat juga : 5 Lembaga Publik Terkorup 2008

* Survei IPK Indonesia oleh TTI bertujuan untuk mengukur tingkat korupsi pemerintah daerah berdasarkan persepsi pelaku bisnis setempat. Total sampel dari survei ini adalah 3841 responden, yang berasal dari pelaku bisnis (2371 responden), tokoh masyarakat (396 responden), dan pejabat publik (1074)
* Semoga dengan diumumkan kota-kota yang terkorup, pemerintah daerah setempat semakin peka, malu sekaligus tegas  serta serius dalam penangganan kasus korupsi.
* Selamat buat Kota Yogyakarta sebagai kota yang lebih bersih dari kota-kota lain dari praktik korupsi.
*semakin besar nilai IPK, menunjukkan tindak pidana korupsi semakin kecil
*Sumber Referensi: http://www.ti.or.id

15 Komentar leave one →
  1. amar20 permalink
    Januari 28, 2009 10:25 AM

    ok deh

  2. karim permalink
    Januari 28, 2009 5:16 PM

    mudah2n angka kebersihan korupsi menurun tahun dpan

  3. warteg permalink
    Januari 29, 2009 3:13 PM

    hadah..tegal coy….kayanya iya seh…bikin KTP aja suruh kesana sini….blom kalo bikin SIM

  4. ngapak boy permalink
    Januari 29, 2009 6:14 PM

    purwokerto deneng kaya kuwe ya,,, tapi nek di pikir-pikir sih lumrah,,, anu mata duwiten kabeh pejabate,,, sitik2 duit pliiss…. kapan majune kie kotane,,, jan ora lumrah lah,, kepribe kie sedulu???

  5. bandi permalink
    Maret 12, 2009 4:44 PM

    5 kota terbersih belum tentu bersih 100%.


    Re: Bandi

    Mungkin terbersih dari kotor-kotor. 😀

  6. willy permalink
    Maret 25, 2009 9:22 AM

    Lha iyalah Mas Bandi. Kalau 100% bersih indeksnya jadi 10.00 dong.
    Rangenya kan 1-10

  7. riswanda permalink
    Desember 5, 2009 1:40 PM

    kenapa kota palu g masuk 5 besar kota terkorup ? padahal palu i2 jagonya korups lhoooooooooooooooooooooooo

  8. riswanda permalink
    Desember 5, 2009 1:43 PM

    nyambung lagiii.he..he..bwt palu bersykur aja karna g masuk 5 bsar.mgkn 10 bsar.

    soalnya smpe skrang plu g maju-maju.tertinggal truss

  9. jerry massie MA,MTh permalink
    Desember 5, 2009 7:06 PM

    semoga hukuman bagi para pencuri uang negara lebih berat lg biar mereka jera..memang korupsilah yg kadang menghambat sistem perekonomian kita dan kemiskinan jg terjadi diakibatkan oleh yg namanya korupsi..kpn negara kita akan terbebas oleh korupsi??memang korupsi ini gak akan pernah untuk berakhir karena ini telah menjadi tradisi para pemimpin kita rasanya gak enak jika gak mencuri uang negara..

  10. jerry massie MA,MTh permalink
    Desember 5, 2009 7:13 PM

    hebat yogyakarta meraih predikat kota terbersih. kita mengetahui kota jogyakarta adalah basis pendidikan diindonesia bg saya bisa saja kota jogyakarta bisa dikatakan kota pendidikan jd orang2nya sudah terdidik, jd mungkin inilah yg mendongkrak posisi jogyakarta masuk kategori kota terbersih. mari kota2 diindonesia sering2lah mengirim para member untuk datang dan belajar apa rahasia sehingga jogyakarta masuk sebagai kota terbersih??..saya punya impian kota2 diindonesia akan sama seperti jogyakarta.

  11. bawor permalink
    Maret 31, 2010 10:58 AM

    Jgn pesimis purwokerto sedang berbenah, korupsi tidak lahir semata2 karena ada moral oknum pejabat yg “doyan” tp juga krn ada oknum “masyarakat” yg memberikan peluang, ayo sama2 koreksi diri, saling mengingatkan, laporkan jika ditemukan perilaku korupsi. Kita yakin purwokerto akan lebih baik, bravo purwokerto!!!!!!!

  12. April 12, 2010 4:21 PM

    kalo menurut saya seharus y pejabat baik itu dari pemerintah pusat ampe daerah yang melakukan korupsi harus di hukum mati seperti negara tetangga ,agar para pejabat yang mau melakukan korupsi berfikir 1000x lg,sampai kapanpun jika yang koroup hanya di hukum 5-10 th saja itu sama saja ….karena para koruptor itu akan memiskinkan negara dan membuat masyarakat tambah sengsara.

  13. Desember 28, 2010 2:39 PM

    kedepan perlu KPK Hadir pada saat-saat penentuan paket di DPR, Karena mereka suka minta duluan (Uang tanda jadi), bagaimana level dibawah-bawahnya mau bersih.

  14. djaja permalink
    Maret 28, 2011 11:30 AM

    lah kiye tah surpey thn 2009

  15. juboe_ permalink
    Mei 29, 2013 12:07 PM

    kenapa respondennya mengambil pelaku bisnis?? kenapa bukan para praktisi yang berhubungan langsung dengan dunia politik?? yg tahu jawabannya dibantu yahhh ,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: