Skip to content

Imlek 2009 : 2,32 Miliar Penumpang Mudik Rayakan Imlek

Januari 11, 2009
Puluhan Juta Buruh Migran Mudik

Puluhan Juta Buruh Migran Mudik

Beijing (8 Jan 09) — Pemerintah China memprediksikan sebanyak 2.32 miliar penumpang  akan melakukan perjalanan pulang-pergi merayakan Tahun Baru Imlek, 2009 selama 40 hari. Perayaan Imlek atau dikenal sebagai Spring Festival – Perayaan Musim Semi merupakan perayaan menyambut tahun baru sistem penanggalan China yang selalu jatuh antara bulan Januari dan Februari setiap tahunnya. Dan tahun ini, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 26 Januari 2009.

Kondisi perayaan Imlek tahun 2009 diperkirakan berbeda dengan 2008. Kita tahu bahwa  perayaan Imlek 2008 di China nyaris meninggalkan suasana sedih tatkala sebagian wilayah China mengalami Badai Salju terbesar sepanjang 1 dekade terakhir. Akibat badai tersebut, sistem transportasi China  lumpuh total dan puluhan juta warga China terjebak badai salju. Dan jutaan orang diantaranya tidak bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Imlek.

Dengan kondisi cuaca yang lebih kondusif seperti ini, diperkirakan jumlah warga yang mudik akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Untuk melayani ledakan arus mudik tersebut, berbagai instansi China telah menyiapkan dengan sungguh-sungguh sejak dini.

Wakil Kepala NDRC Liu Tienan mengatakan para pejabat pemerintah harus menjamin keamanan perjalanan serta mempersiapkan antisipasi dari kemungkinan keadaan darurat.
Beberapa hari terakhir, hujan salju telah memblokir beberapa jalan di China bagian selatan. Dan pemerintah setempat diminta segera melakukan usaha pembersihan jalan untuk menjamin kondisi jalan aman. Otoritas Kereta Api di beberapa kota seperti Beijing, Guangzhou, Shanghai dan Hanzhou telah menambahkan 319 kereta api penumpang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Dalam periode tersibuk yang akan berlangsung pada 11 Januari – 19 Februari, jumlah penumpang transportasi udara akan terus meningkat 12% dari tahun ke tahun menjadi 23,2 juta penumpang di tahun 2009. Total pengguna transportasi darat [bus] dan laut selama periode 40 hari masing-masing akan mencapai 2.07 miliar dan 31 juta penumpang.

Capek Antri Mudik
Capek Antri Mudik

Mau tahu sejarah penanggalan China dan tahun Baru Imlek, silahkan baca di Tahun Baru China (Imlek) : Sejarah dan Mitologi

Sumber : Xin Hua News Agency

Iklan
One Comment leave one →
  1. Januari 17, 2009 5:50 AM

    Emang jumlah penduduk etnis cina, sungguh luar biasa banyaknya. http://pangaloan.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: