Skip to content

Israel Mulai Serangan Terbesar : Mesjidpun Dihancurkan

Januari 4, 2009

Laporan Perang Hari Sabtu, 3 Jan 09


Jumlah Korban [per 4 Januari 2009 dini hari]
446 tewas dan 2025 terluka (Warga Palestina)
4 tewas dan 31 terluka (warga Israel)

Tank-Tank Israel Telah Memasuki Gaza

Tank Israel
Tank Israel

     Tank-tank dan pasukan darat Israel telah memasuki Jalur Gaza utara yang disertai tembakan-tembakan pada Sabtu malam, 3 Januari 2009. Penyerangan darat merupakan penyerangan yang mematikan. Diperkirakan akan memakan korban yang jauh lebih banyak, dan menjadi pertempuran paling sengit antara militer Israel dan pasukan Hamas.

      Penyerangan darat Israel merupakan persiapan ofensif terbesar untuk menghancurkan Hamas yang terus menembakkan roket-roketnya ke wilayah selatan Israel. Hamas terus menembakkan roket ke Israel dan mengabaikan seruan internasional agar berhenti menyerang. Luncuran roket Hamas menjadi pancingan serangan darat Israel. Padahal serangan roket Hamas hampir tidak menimbulkan korban berarti bagi Israel.

      Militer Israel menyatakan bahwa mereka memasuki Jalur Gaza untuk menguasai sejumlah wilayah yang digunakan sebagai basis peluncuran roket. Saksi mata yang diketahui sebagai warga kota Beit Lahiya di Gaza, menambahkan bahwa iringan tank Israel itu menyeberangi perbatasan di kegelapan malam dikawal dari udara oleh helikopter-helikopter tempur Israel.

Israel ‘Sengaja’ Menghancurkan Mesjid

      Militer Israel membombardir Jalur Gaza dari darat, laut dan udara sepanjang Sabtu sebagai sinyal meningkatnya ofensif mereka terhadap Hamas di Gaza.

      Sebuah serangan udara mengenai satu masjid dan menewaskan 11 warga Palestina termasuk anak-anak dan wanita sewaktu menunaikan ibadah shalat, kata Hamas. Sebaliknya Hamas terus meluncurkan roket-roketnya ke selatan Israel dengan mengabaikan seruan internasional agar mereka menghentikan aksi militer seperti itu.

Begitu ofensif Israel memasuki minggu kedua, prospek dicapainya gencatan senjata segera berubah muram.
Saya harap hasil dari operasi militer ini berdampak secara jangka panjang.  Begitu mereka (Hamas) menembakkan (roketnya), kami akan meresponsnya dengan kekuatan sangat besar.  Dalam hal ini, jika diperlukan bakal dilanjutkan dengan beberapa operasi lain,” kata Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni kepada TV Israel.

      Para saksi mata mengungkapkan, serangan udara ke masjid di kota Beit Lahiya, Gaza, telah meminta korban yang tengah shalat dalam masjid itu di mana setidaknya sebelas orang meninggal dan 50 lainnya terluka.

      Tim penyelamat terlihat lalu lalang menggotong orang dari reruntuhan dan onggokan tubuh-tubuh manusia tergeletak dengan lumuran darah di sekujur badan, demikian saksi mata.  Israel menyasar masjid-masjid di Gaza karena meyakini dipakai Hamas sebagai pos komando dan peluncuran roket.

      Insiden Sabtu terakhir ini membuat jumlah korban tewas menjadi 446 orang dan 2.050 lainnya terluka, hasil dari sebuah malapetaka perang paling buruk dalam dekade-dekade konflik Israel melawan Palestina  Empat orang Israel juga terbunuh dalam serangan roket Hamas dan beberapa kelompok pejuang Palestina lainnya.

serangan israel
serangan israel

   Untuk pertamakalinya sejak ofensif udara dilakukan, Israel menembakkan artilerinya ke Gaza sampai menimbulkan kabut debu dan asap yang menghalangi pandangan.
Deputi Perdana Menteri Israel Matan Vilnai mengeluarkan pernyataaan mengenai gerakan serangan darat ke Gaza.
Saya kira itu bukan serangan tahap berikutnya.  Serangan artileri itu adalah bagian dari kampanye militer yang diperluas dan kini meriam-meriam artileri bergabung dalam serangan itu,”

     Tank-tank dan serdadu angkatan darat Israel telah membanjiri perbatasan Gaza bersiap mengadakan invasi darat yang diajukan Israel sebagai opsi untuk memaksa dunia internasional mengupayakan gencatan senjata (yang menguntungkan dirinya).

     Sabtu ini serangan udara Israel menyasar Gaza dilakukan sejak pagi hari dari kapal-kapal angkatan laut Israel di Laut Tengah.  Serangan ini diantaranya menewaskan komandan senior Hamas yang juga pemimpin kedua Hamas yang tewas, Abu Zakaria al-Jamal.

      Kabinet Hamas menandaskan tidak akan menggubris dan tak akan tunduk pada keinginan Israel.
Siapapun yang berpikir bahwa perubahan dalam wilayah politik (tanggalnya Hamas di Gaza) akan mengakhiri pemboman dari pesawat dan tank (Israel) bahkan tanpa dengan mengadakan dialog, adalah seorang penghayal,” demikian pernyataan kabinet Hamas dari sebuah lokasi rahasia di Gaza merujuk pada Israel.

1.5 Juta Warga Terperangkap

     1,5 juta pendudukan Palestina di Gaza semakin putus asa bahkan jauh sebelum masjid diroket Israel, sementara warga yang tinggal di perlindungan serta lembaga-lembaga bantuan kemanusiaan terancam terhenti pasokan makanan, air dan obat-obatan yang dari hari ke hari kian menipis
Tak seorang pun merasa aman.  Masalahnya kami tidak bisa kemana-mana,” kata seorang pekerja pada Palang Merah Internasional dalam laporannya di laman resmi organisasi dunia itu.

     Bom-bom Israel sengaja ditujukan untuk merusak sistem pasokan air dan pelayanan publik di mana listrik mati dan sistem sanitasi berubah kotor.  Pada musim dingin ini, kebutuhan BBM untuk memanaskan dan memasak tidak lagi tersedia.

     “Kami tidak pernah tidur malam.  Kami tetap terjaga sepanjang malam karena (deru) pesawat tempur (Israel),” kata Umm Kamel, ibu sebelas anak, menggambarkan Israel memang sengaja meneror Palestina seperti teroris melakuan teror bom.

Presiden Bush Kembali Menyalahkan Hamas

     Presiden AS George Bush malah mengatakan Hamas mesti menjadi pihak pertama yang melakukan gencatan senjata. “Sebuah gencatan senjata satu arah yang membuat serangan roket ke Israel tidaklah bisa diterima,” kata Bush.

     Israel menduduki Gaza pada Perang Arab-Israel 1967 dan mengakhiri pendudukan itu pada 2005 setelah Palestina setuju mengakhiri kekerasan di sana kendati sepanjang perbatasan Gaza masih dikendalikan Israel.

     Upaya internasional untuk membentuk negara merdeka Palestina gagal setelah Hamas memenangkan pemilu pada 2006 dan memaksa para pendukung Fatah yang loyal pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas keluar dari Gaza setahun kemudian.

     Bulan lalu, Hamas menyatakan gencatan senjata enam bulan dengan Israel berakhir dan segera meluncurkan roket-roketnya ke Israel karena negara Yahudi ini dituduh menyerang Gaza dan terus memblokade kantong wilayah Palestina itu

 Sumber : ANTARA News/Reuters ( 4 Januari 2009)

21 Komentar leave one →
  1. September 23, 2009 3:08 AM

    keyakinanmu berasal darimana? maav klu mo lebi tau lg silakan cek benar2 kbenarannya lebi dalam lg diKITAB injil kristen n jgn hanya spenggal2, u pasti ngerti. yesus emang lahir dari rahim manusia n datang kedunia menjdi manusia klu dia datang kedunia nie dtng sbagai TUHAN bisa2 u mungkin uda di panggang jadi sate padang si uda, hahahahahha….. upz.. oia 1 lg asa u tau az! suatu saat nanti u pasti ktemu dgn dia dipengadilan akhir klu u gk percaya bahwa u itu adalah milik ia n berkuasa akan ap yg ada kelak.. raja di atas raja tuhan yg berdaulat n sangat berkuasa atas manusia bumi n isinya, ingat.
    sebut nama YESUS berkali2 dgn lembut dalam hati
    dan sebut nama nama yg u yakini tuhanmu jg dalam hati
    dan pastikan dgn peka suara hatimu apa ada perbedaan
    diantara kedua nama itu. mana yg lebi menimbulkan rasa yg
    begitu terasa sngat berkuasa didalam hatimu. cobalah! klu emng
    yakin kelak u masuk surga tampa ketemu dgn yesus, dosa u ada
    uda ditebus dia klu u mo percaya klu ia adalah tuhan yg hidup n
    penuh dgn kasih. motaulah tuhan mana yg mau turun kedunia
    menjelma menjadi manusia n mau mau mati sbagai manuia yg
    disiksa untuk dosa manusia yg membunuh ia agar siberdosa
    diampuni n masuk kekerajan sorga…

    • zakky permalink
      Maret 13, 2016 12:21 PM

      Ahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
      Allah/Tuhan itu tidak melahirkan dan tidak pulla dilahirkan ada ada ajaa massa manusia tuhan bisa disalib Tuhan itu maha kuasaa Masaa disalib kasihan bgttt tuhan kristen ituu hihikkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: