Skip to content

10 Peristiwa Penting China Sepanjang 2008

Desember 30, 2008

Kebangkitan ekonomi, politik dan militer China akhir-akhir berdampak pada apapun peristiwa yang terjadi di China akan diperhatikan, ditanggapi dan diliputi oleh media internasional.

Berikut 10 peristiwa penting yang terjadi di China sepanjang 2008 [secara kronologi] yang dirilis oleh Kantor Berita China Xinhua, 30 Desember 2008.

1. Badai Salju di China Selatan (Akhir Januari – Awal Februari)
Menyambut tahun baru imlek, sebagian China selatan dan tengah dilanda badai salju terburuk sepanjang 10 tahun terakhir. Badai ini mematikan arus transportasi massal. Korban 129 orang dengan kerugian mencapai 150 miliar yuan (175 triliun rupiah)
Peristiwa bencana alam ini, membuat ‘mata dunia’ terkagum-kagum dengan penangganan yang dilakukan Pemerintah China. China mengerahkan puluhan ribu militernya menangani bencana ini. China langsung menganggarkan 1.75 miliar yuan (Rp 2 triliun) pada bulan Januari dan tambahan 347 juta yuan pada bulan Maret. Selain itu, pemerintah juga menyediakan 1.15 miliar yuan untuk membantu pembangunan rumah para korban.
Penangganan bencana di China patut diajungkan jempol, dan begitu juga seharusnya yang dilakukan pemerintah Indonesia.
Sumber Terkait : en.wikipedia

2. Dua Sidang Akbar China (Maret)
Pada bulan Maret 2008, China menggelarkan 2 sidang tahunan, Kongres Rakyat China – petinggi legisltatif  dan Komite Nasional – Dewan Penasehat Politik Rakyat China (CPPC), petinggi lembaga penasehat, di Beijing-China.
Dalam Sidang Kongres Rakyat China ke-11, Hu Jintao (62 tahun) kembali terpilih menjadi Presiden RRC periode 2008-2013. Selain presiden, ia adalah Sekjen Dewan Pusat Partai Komunis China. Hal menarik, suksesi negeri ‘tirai bambu’ tahun 2013 sudah ditetapkan pada sidang 2008 tersebut.

3. Tragedi Lhasa, 14 Maret
Tragedi yang paling dikecam oleh dunia Internasional di negara berpenduduk terbesar di dunia adalah cara penangganan China terhadap demonstran di Tibet. Paling sedikit 80 warga Tibet terbunuh, 382 orang terluka serta ratusan akitivis, tokoh Buddhis Tibet di tangkap. Menanggapi kejaman dunia Internasional, China berkilah bahwa pemerintah menindak tegas huru-hara demonstrasi yang dikendalikan oleh Dalai Lama, suatu pernyataan China yang kontradiksi dengan realitas sebenarnya. China menginvasi Tibet tahun 1957, dan kemudian China berusaha “menenggelamkan” kultur Tibet dengan ‘memasok’ jutaan orang China ke Tibet.
Sumber terkait : en.wikipedia

4. Gempa Bumi Sichuan (Mei)
Pada 12 Mei, gempa bumi berkekuatan 8.0 SR menguncang wilayah barat daya Provinsi Sichuan (tepatnya Distrik Wenchuan). Gempa ini menelan korban terbesar dalam 4 tahun terakhir setelah gempa tsunami 2004 di Indonesia dan topan Nargis 2008 di Myanmar. Tidak kurang 87.000 orang tewas dah hilang serta jutaaan orang kehilangan rumah.
Seperti badai salju, pemerintah China (hingga Nov 2008) menggangarkan hingga 1 triliun yuan (Rp 1150 triliun) untuk penangganan gempa selama tiga tahun. Gempa bumi Sichuan tercatat sebagai Gempa Bumi Terbesar ke-19 sepanjang masa.
Berita terkait : en.wikipedia

5. Olimpiade Beijing 2008 – Agustus
Kesuksesan penyelenggaran Olimpiade 2008 di Beijing China merupakan peristiwa terpenting China untuk ‘mengatakan’ pada dunia bahwa ‘Inilah China”. Olimpiade ini diselenggarakan pada 8-24 Agustus 2008 yang diikuti oleh lebih 10.000 atlet dari 204 negara. China pun menggelontorkan hampir 400 triliun rupiah untuk penyelenggaraan Olimpiade ini, sehingga Olimpiade 2008 menjadi Olimpiade paling mahal sepanjang masa. Dalam kesempatan ini, Indonesia merebut 1 emas oleh pebulutangkis ganda putra, Markis Kido / Hendra Setiawan.
Sumber Terkait : en.wikipedia

6. Skandal Susu China
Skandal susu China terekspos setelah seorang bayi menderita gagal ginjal setelah mengonsumsi susu bubuk. Akhirnya, berbagai perusahaan dan makanan turunan susu tercemar dengan melamin., Sedikitnya 6 balita tewas dan lebih 1/4 juta bayi menderita masalah eskresi seperti ginjal. China memecat Kepala Badan Pengawas Makanan China dan memenjarakan beberapa pejabat pemerintah yang terlibat skandal susu yang merebak hingga ke Indonesia.

7. Taikonaut China Spacewalk di Luar Angkasa
Seorang taikonot (astronot) China, Zhai Zigang berhasil berjalan-jalan (spacewalk) di luar kabin pesawat untuk pertama kalinya dalam sejarah antariksa China.
Keberhasilan ini menempatkan China sebagai negara ketiga di dunia setelah AS dan Rusia yang mampu menguasai teknologi spacewalk.Salah satu teknologi yang paling penting untuk melakukan spacewalk adalah pekaian antiradiasi, untuk melindungi gelombang elektromagnetik dari Matahari yang sangat berbahayadi luar angkasa. China membuktikan bahwa pakaian ruang angkasanya, Feitin, sangat kuat.

8. 10 Langkah Kebijakan Ekonomi Menghadapi Krisis – November
Ditengah hampir semua negara mengalami resesi, hingga pertumbuhan ekonomi di angka kecil 1%, China tetap mampu menggerakan ekonominya di atas 7%. Hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh rakyat China adalah kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah dalam menghadapi krisis. Pada November 2008, China mengumumkan 10 langkah strategis ekonomi, termasuk dana paket stimulus yang mencapi 4500 triliun rupiah, untuk menggairakan permintaan domestik dan mempertahan pertumbuhan ekonomi.

9. Hubungan Langsung China-Taiwan
Pada 4 November, China-Taiwan menyetujui menandatangani 4 persetujuan yang mencakup hubungan langsung penerbangan, pelayaran, pos dan telekomunikasi serta berbagi informasi keamanan pangan. Momen ini membuka ”lembaran baru” di dalam hubungan China daratan dan Taiwan yang membaik sejak 60 tahun silam yang vakum.Dengan momen ini, konflik yang menegangkan antara China dan Taiwan dapat reda. Pupus sudah harapan Amerika menghasut Taiwan untuk membeli persenjataan militer besar-besaran dari Amerika.
15 Desember, China dan Taiwan membuka paket pengiriman pos langsung via darat dan laut.

10. Peringatan 30 Tahun Reformasi China – 18 Desember
Pada 18 Desember 2008, China merayakan 30 tahun reformasi ekonomi dan keterbukaan China yang menjadi cikal bakal kemajuan raksasa ekonomi China saat ini. Berbagai angka-angka fantastis telah China raih.
Presiden Hu Jintao menyatakan “China akan terus melanjutkan reformasi dan keterbukaan dengan berlandaskan sosialis yang bernafaskan karateristik China

Disusun oleh ech-wan @nusantaraku

Sumber Referensi : Kantor Berita Xinhua dan  en.wikipedia.org

Iklan
One Comment leave one →
  1. November 28, 2009 1:09 AM

    saya kagum dan salut pada pemerintah cina yg begitu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya,biarpun berhaluan komunis tapi mereka amanah dengan kepemimpinan mereka.ini yg patut dicontoh dan jadi tauladan bagi pemerintah kita yg notabene sebagian besar diantara pemimpin kita adalah muslim.jadikan kepemimpinan kalian untuk membawa negri ini ke arah kemakmuran kesejahteraan bagi rakyatnya,dan selesaikan permasalahan diantara kalian ,petinggi2 bangsa ini,dengan adil serta berpijak pada landasan hukum yg murni .jangn buat bangsa ini malu dengan kelakuan sebagian kecil orang 2 yg duduk diatas sana.tapi kitapun percaya masih ada penyambung lidah rakyat ini yg peduli dengan suara hati rakyatnya .No dreaming, Start action.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: