Skip to content

Sisi Positif dari Seorang Megawati di Kick Andy

Desember 27, 2008

Sisi Positif dari Seorang Megawati di Kick Andy
Oleh: ech-wan @nusantaraku

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Selamat buat tim Kick Andy yang berhasil mewawancarai Bu Mega untuk pertama kali di TV yang mendapat komentar terbanyak di situs kickandy.com. Saya salud sama acara Kick Andy, karena selama menampilkan hidup dan kehidupan seseorang yang unik dan kita diharapkan mendapatkan sisi positif dari sikap dan nilai-nilai yang dimiliki orang tersebut. Dari perjuangan hidup para korban HIV, kisah Suster Apung, Laskar Pelangi, AA Gym, perjuangan seorang Eurico Gutteres, kisah seorang Xanana Gusmao dan Mayor Alfredo serta banyak lagi yang tidak dapt disebut.
Sederetan tokoh nasional telah diwawancarai oleh Kick Andy seperti Pak Habibie, Gus Dur, Pak Amien Rais, Pak Wiranto, Pak Sugiharto, Sultan HB, Sutiyoso.

Terlepas apakah acara ini termasuk kampanye politik atau tidak, yang terpenting adalah Megawati mau berbicara tentang kehidupannya, dan ada banyak hal positif yang dapat kita petik. Saya yakin Kick Andy masih komit dengan visi siarannya yaitu mengungkap sisi kemanusian seorang manusia. Lagi-lagi tergantung kacamata apa yang sedang kita gunakan. Jika kita menggunakan kaca mata hitam, maka hitamlah orang tersebut. Sebaliknya, jika kita gunakan kacamata merah, merahlah orang tersebut. Tapi, pakailah kacamata hati, yang membuka hati kita.

1. Megawati punya prinsip
Rupanya langkah-langkah yang diambil Mega (dalam kehidupan pribadi) memiliki prinsip yang kokoh. Dalam beberapa sisi, beliau menjadikan hukum sebagai kekuatan tertinggi di negeri ini. Hal ini dibuktikan lewat kasus Soeharto hingga ia wafat. Bagaimana bu Mega berada di dua sisi : menghargai mantan pemimpin negeri sekaligus menghianati Bung Karno.

2. Memaafkan
Meskipun Bung Karno, Megawati dan keluarganya ditindas habis-habisan oleh rezim Soeharto, namun ketika ditanya tentang Soeharto, saya melihat mimik wajah Megawati yang “telah memaafkan” Soeharto. Ia lebih menghargai ranah hukum dan alasan medis yang cukup logis. Pak Harto waktu penyidikan secara fisik masih sehat, tapi secara mental dan saraf bermasalah.

3. Melihat Kedepan
Isi yang disampaikan Megawati di Kick Andy jauh dari ranah politik, ia lebih banyak mengisahkan sisi kehidupannya. Ia selalu ingin melihat bangsa Indonesia maju ke depan [meski ia tidak tahu pasti caranya]. Dan saya setuju sama Mbak Mega, bahwa acara debat  yang ditayangkan di TV saat ini sudah jauh dari esensinya, dan Mega percaya sama acara Kick Andy yang mau menampilkan sisi hidup.

4. Demokrasi yang sederhana
Megawati tidak berbicara demokrasi dengan berbelit-belit, tapi ada satu hal yang mudah dimengerti, karena kita adalah negara demokrasi kerakyatan, maka mari kita gunakan kekuatan rakyat untuk memilih pemimpin yang dapat mengubah negeri ini [kebijaksanaan kita untuk memilih siapa: SBY, Mega, Wiranto, Sultan HB, Fajroel, Sutiyoso, Prabowo, dll].

5. Esensi Pendidikan
Esensi sistem pendidikan kita saat ini telah sirna. Moralitas dan etika generasi saat ini telah dijurang kehancuran. Ini dikarenakan transformasi edukasi sudah hilang. Yang terjadi hanya konsep pengajaran, bukan mendidik. Anak-anak bangsa hanya diajari mencari kesuksesan hanya melalui cara-cara instan seperti menghafal soal untuk menghadapi UN yang penuh kontroversial, manipulasi pihak sekolah, pembocoran soal dll.

Selain itu, menurut pandangan pribadi saya, saya melihat beberapa karakter dan sifat yang dimiliki bu Mega, yakni:
1. Jiwa nasionalisme Soekarno akhirnya [sedikit] mengalir pada diri Mega
2.  Megawati hanya berbicara jika ada bukti dan fakta [ketika ditanya apakah Bung Karno diracun]
3. Dalam Kick Andy, Megawati  tindak pernah mengatakan “pilih lah saya menjadi presiden”, beliau hanya menceritakan perjalanan hidupnya dan tetap memberikan semangat untuk seluruh rakyat Indonesia untuk terus berjuang.
4. Rupanya Mega tidak menyelesaikan pendidikan sarjana bukan karena dia “o-on”, tapi karena rezim orde baru. Hal ini belum pernah terungkap.
5. Sayang, sosok Megawati tercemar karena perilaku suaminya, Mr. Taufiq Kiemas yang terkenal “kotor”

Ambil sisi positifnya, buang sisi negatifnya. Lihatlah Indonesia maju ke depan. [maaf, meski saya masih “sebel” sama Soeharto]. At least, hargai para pemimpin yang telah menjalankan roda kehidupan di negeri ini. Dan saya tegas kembali, tulisan ini tidak dibuat untuk memilih Megawati sebagai capres. Masih banyak tokoh-tokoh nasional selain Megawati yang benar-benar mampu menyelamatkan bangsa Indonesia. Pemikiran-pemikiran yang revolusioner seorang Amien Rais, Kwik Kian Gie, perlu diajung jempol.
Terima kasih, 27 Desember 2008
endrawan ch

6 Komentar leave one →
  1. Reeves permalink
    Desember 27, 2008 8:53 PM

    salut pada moderator web ini yg bisa mengambil benang merah yg tidak memihak atas wawancara 2 episod kick andy & mega…sangat cerdas…ternyata masih banyak orang di negeri ini yg memiliki kecerdasan estetika…

  2. Desember 28, 2008 12:22 PM

    Very good posting. Saya mohon ijin mengutip sebagian isi posting ke dalam postingan saya. Mohon tidak berkeberatan. GBU


    Re: Mikerk

    Terima kasih atas komentar dari rekan Reeves dan Mikerk.
    Silahkan saja mengambil sebagian ataupun seluruh isi blog ini untuk dapat digunakan bagi kita semua. Jika rekan Mikerk tidak keberatan, tetap mencantumkan referensi.
    Terima kasih kembali.

  3. Desember 28, 2008 6:38 PM

    Thanx atas ijin dan pengertian baik mas endra atas kutipan yang saya lakukan terhadap sebagian isi posting ini. Kemungkinan saya akan sering berkunjung ke blog ini karena di sini terdapat beberapa dokumentasi yang amat berguna + analisisnya yang baik. Thanx atas salamnya kepada orang-orang Kupang. Jaya Indonesia. Lestari Nusantara.

    Terima kasih kembali.
    Yah, semoga nusa, bangsa dan negara kita bisa maju dan berkembang.

  4. topijerami17 permalink
    Desember 29, 2008 12:46 PM

    hebad…bagus..bagus…ngijin sedot boleh?!

    Terima kasih.
    Silahkan mengcopy sebagian ataupun seluruh isi artikel ini.

  5. Desember 29, 2008 3:35 PM

    acara kick andy memang pantas mendapat apresiasi lantaran bisa menghadirkan tokoh-tokoh yang sulit didapat media lain. Selain mega kick juga telah menghadirkan beberapa narasumber penrting seperti Wiranto, Xanana Gusmao, Habibie, Prabowo dan lainnya…. selamat buat Andy F Noya…

  6. Desember 31, 2008 9:30 AM

    jangan cuma liat dari tokoh yang dihadirkan oleh andy f.noya,, tapi juga liat dari sudut pandang seorang andy f.noya yang bisa menghadirkan seorang mantan presiden di acara talk show – meski banyak juga yang bilang kalo itu bermuatan politis

    Billy K.
    iamthebilly.wordpress.com
    bersambung.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: