Skip to content

China Pecat 6 Pejabat yang Tertidur Saat Rapat

Desember 26, 2008

Ilustrasi Pejabat China tertidur

Ilustrasi Pejabat China tertidur

Pemerintah kota Hengyang, provinsi Hunan, China selatan memecat 6 pejabatnya yang tertangkap kamera mengantuk dalam rapat untuk memperingati 30 tahun reformasi ekonomi dan keterbukaan China. Menurut Beijing News (26 Des 2008), sanksi itu dijatuhkan menyusul peredaran foto-foto itu di Internet.

Keenam orang yang dipecat adalah pimpinan Partai Komunis pemerintah dan manajer perusahaan.”Pemecatan itu dimaksudkan untuk memperkuat disiplin dan membersihkan dampak buruk kelakuan itu dalam pemerintahan kota,” keputusan pemerintah setempat.

Meskipun pemecatan tersebut memunculkan polemik, karena alasan mereka mengantuk karena pertemuan tersebut sangat membosankan.
Beberapa opini kontroproduktif tersebar di dunia maya menangkapi kebijakan pemerintah tersebut “Dalam 99 persen pertemuan semacam itu, kata-kata (yang digunakan) tidak berisi dan stereotipikal,” komentar Damocangying di situs tianya.cn.

Pertemuan pemerintah di China biasanya sangat lama dan penuh dengan pidato-pidato panjang, sekalipun para pejabat senior telah berusaha untuk mempersingkat dan membuatnya lebih efisien.

China Bisa Maju karena Disiplin dan peningkatan Moralitas Pejabat

Sejumlah pembangunan dan kemajuan bangsa China yang 30 tahun lalu adalah negara miskin jauh dibawah Indonesia, kini bangkit menjadi kekuatan baru di dunia. China kini berada di atas Indonesia, dan saat ini China memiliki pertumbuhan ekonomi pesat, kemajuan industri teknologi, kekuatan militer hingga penguasaan ilmu antariksa.

Hal ini tentu didukung dari sejumlah kebijakan tegasnya terhadap para pejabat, pengusaha maupun masyarakat umum. Mereka yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi, maka hadiah “peti mati” berada di depan mata disertai penyitaan aset-aset milik keluarga. Dan lebih dashyat lagi, anggota keluarga juga terancam pidana. Hal ini menjadi “lonceng supremasi hukum” yang besar bagi para pelaku kriminal, termasuk koruptur.

Bagaimana dengan Pejabat yang tidur di Negeri Indonesia?

Para pejabat “hobi” tidur saat rapat di negeri ini perlu “bersyukur”. Meskipun tidur berkali-kali (mirip iklan bank aja),  bukan sekali, para anggota terhormat di Senayan memiliki kebiasaan tidur saat rapat. Yang parah lagi, mereka tidak hanya tidur, tapi suka bolos.

Di Indonesia, Presiden SBY pernah tereskpos sedang marah (8 April 2008) karena ada peserta (pejabat daerah Sumatera Barat) yang mendengarkan pidatonya tertidur. “Itu coba bangunkan yang tidur itu. Kalau tidur di luar saja!” “Pimpinan bagaimana dapat memimpin rakyat kalau tidur! Malu dengan rakyat yang memilih. Untuk mendengarkan pembicaraan untuk rakyat saja tidur! Jangan main-main dengan tangung jawab. Berdosa, bersalah dengan rakyat,” ujarnya. [presiden sby marah – lihat di youtube]

Berikut foto-foto para pejabat negeri ini yang tidur saat rapat:

DPR tertidur

DPR tertidur

Tertidur ditengah rapat bersama negera lain

Tertidur ditengah rapat bersama negera lain

Selama ini, presiden hanya sering menegur dan marah kepada peserta rapat yang tertidur di Istana Negara. Bagaimana dengan Anggota Dewan? Siapa yang dapat menegur mereka? Mungkinkah dengan hukuman “pecat” akan menimbulkan efek jerah bagi mereka yang tidur saat rapat????

by: ech – 26 Desember 2008
Referensi utama: Antara

Iklan
10 Komentar leave one →
  1. Desember 29, 2008 11:28 PM

    Di Indonesia model yang suka tidur bakalan awet dan lama masa jabatannya … karena nga pernah protes dan menurut saja dengan keputusan rapat yang entah baik atau buruk buat rakyat …. phihatin prihatin

  2. Desember 29, 2008 11:29 PM

    hmm, china emang negara yg tegas walau sosialis… indonesia yang sok demokratis malah gak punya ketegasan sama sekali

  3. Bayangan Tak Berwajah permalink
    Desember 30, 2008 7:26 AM

    Negara indonesia kan masih tertidur,jadi ga salah kalo para PEJABATNYA juga pada jago MOLOR…sekolah Tinggi2 di luar negeri supaya dapet ijazah SJM (Sarjana Jago Molor).

  4. Desember 31, 2008 12:12 AM

    keliatan banget tuh pas kuliahnya suka tidur…untung saya ngga jadi pejabat klo ngga mungkin foto saya ada disitu 🙂

  5. Treante permalink
    Maret 1, 2009 8:26 PM

    bagus tuh!
    mereka emank dibayar untuk memikirkan nasib rakyat eh malah enak”an tidur lantaran keenakan!!

  6. Maret 3, 2009 7:33 PM

    siapa tidur dia dapat……
    siapa lalai harus dipecat

    please kunjungi webproperti

  7. ismael permalink
    Februari 27, 2010 4:19 PM

    ya tertidur saat rapat,karena SEMALAM GA TIDUR CONTOHNYA PEJABAT DARI SUMBAR ITU ,DARI PADANG KE JAKARTA PAKAI UANG RAKYAT SAMPE DI JAKARTA DAPAT NGINAP HOTEL BINTANG LIMA TERUS BOOKING PSK 3ORANG,NGENTOT SAMPAI PAGI,BESOK NYA RAPAT YA PASTI NGANTUK…HE…HE…HE….

  8. arisb permalink
    Maret 26, 2010 2:27 PM

    tidur itu bagi rakyat memang diperlukan, tetapi bagi wakil rakyat sangat tidak diharapkan apalagi dalam rapat2 pemerintahan. rakyat telah membayar wakilnya untuk mewakilinya karena gedung dpr tidak muat untuk menampunt semuanya. sehingga solusinya diputuskan wakil-wakilnya, juga ,karena telah menyita waktu para wakil tersebut, rakyat tanpa terkecuali harus menggaji wakilnya itu. kalo wakil yang digaji saja tidur saat rapat, lalu bagaimana keadilannya, ……./? mana mungkin orang tidur dapat uang?? tapi itulah faktanya. yang penting bagi saya dan anda adalah berbuat yang terbaik untuk orang2 di sekitar., sebarkan ilmu semampumu, tolong-menolonglah dalam kebaikan dan takwa. ta’awanu ‘alal birri wat taqwa wa la ta’awanu alal itsmi wal ‘udwa.

  9. Juni 24, 2011 10:14 PM

    Pemimpin Bangsa ini harus banyak belajar disiplin dari China…

Trackbacks

  1. Gaji DPR vs Gaji Guru « Pak AR guru Fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: