Skip to content

Aktris Termahal 2008

Desember 8, 2008

Aktris Bayaran Termahal 2008

Oleh: ech-wan (nusantaraku)

Angelina Jolie, Aktris Termahal

Bintang Film penerima Oscar, Angeline Jolie (33 tahun) dinobatkan sebagai artis Hollywood termahal berdasarkan rilis tahunan The Hollywood Reporter. Jolie yang sering bermain dalam film aksi dengan peran utama, pada tahun ini menerima US 15 juta dollar (Rp 180 milyar ; kurs Rp 12.000/dollar) untuk film aksi “Wanted”. Bahkan Jolie akan memperoleh bayaran 20 juta dolar jika dia kembali membintangi film kelanjutan “Wanted”. Lebih dari 30 film telah diperankan oleh Julie sejak 1993, diantaranya Kung Fu Panda, Wanted, Changeling (2008), Beowulf, A Mighty Heart (2007), The Good Shepherd (2006), Mr. & Mrs. Smith(2005).

Urutan ke-2 untuk aktris dengan bayaran tertinggi adalah Julia Robert yakni memperoleh sekitar 15 juta dolar untuk “Duplicity” yang akan dirilis tahun 2009. Sedangkan Reese Witherspoon (32 tahun) menempati posisi ketiga dengan bayaran 14 juta dolar untuk film komedinya “Four Christmases”. Tahun 2007 lalu, Reese Witherspoon dan Angelina Jolie menempati posisi aktris termahal dengan penghasilan di atas 15-20 juta dolar (146-184 milyar rupiah ; kurs Rp 9200/dolar) per film yang dimainkannya.

Honor Aktor

Bayaran seorang aktor relatif jauh lebih tinggi dibanding artis. Aktor Will Smith memperoleh lebih 25 juta dollar per film masing-masing “Hancock” dan “I Am Legend”. Selama setahun Will Smith mengantongi lebih dari 80 juta dolar (hampir 1 triliun rupiah) dari film-film yang dimainkannya. Sedangkan pasangan Jolie, Brad Pitt meraup lebih 15 juta dollar untuk setiap filmnya. Di era 2000, Tom Cruise mencatat aktor dengan honor tertinggi dengan memperoleh bayaran masing US$ 75 juta dan US$ 70 juta untuk masing-masing filmnya, Mission Impossible I dan sekuelnya.

J.K Rowling dan Oprah Winfrey, Berpenghasilan 375 juta /jam

Berdasarkan laporan Fortune, penulis buku fiksi Harry Potter, J.K. Rowling merupakan selebriti wanita berpenghasilan paling tinggi selama kurun waktu 2007-2008. JK Rowling berpenghasilan sekitar 300 juta dolar (Rp 3,6 triliun / per tahun = Rp 10 milyar per hari = Rp 417 juta/jam). Sedangkan urutan ke-2 ditempati oleh presenter TV, Oprah Winfrey yang memperoleh 275 juta dolar (Rp 3.3 Triliun = Rp 380 juta/jam).

Penghasilan para selebriti berasal dari honor film, royalti, honor tamu khusus serta penghasilan dari iklan. Contoh saja, Penyanyi AS Kylie Minogue yang meluncurkan resor Atlantis Palm Jumeirah senilai US$2 miliar di Dubai, selama penampilan 45 menit mendapat bayaran sekitar US$20 juta. Wauw… 200 milyar dalam waktu 1 jam.

Honor yang mengiurkan

Honor ratusan miliar per film dan penghasilan tahunan yang mencapai triliunan merupakan angka fantastis. Bayangkan saja, gaji seorang PNS + tunjangan selama 40 tahun tidak sampai 1 milyar (ambil rata-rata 2 juta/bulan; 960 juta/40 tahun). Kita bekerja selama 40 tahun setara dengan konser Kylie Minogue selama kurang dari 15 detik di panggung.

Selebriti Indonesia

Bagaimana dengan para selebriti di Indonesia? Sejak menjamurnya TV swasta di Indonesia dan gencarnya iklan sebagai media promosi utama untuk setiap produk perusahaannya, dunia selebriti kita dihujani uang. Banyak aktor, aktris dan artis yang berdatangan. Konon, ketika mereka telah sukses masuk ke panggung pertelevisan, bayaran mereka tidak tanggung-tanggung. Contoh saja, Dude Harlino dan Naysilla Mirdad mendapat bayaran Rp 30 juta per episode untuk sinetron Cahaya. Dan info dari manager marketing sebuah perusahaan produk makanan mengatakan bahwa honor Agnes Monica untuk sekali shooting iklan mencapai 600 juta rupiah.

Aktor Film Indonesia

Perfilman Indonesia mengalami kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir, dengan munculnya film “Naga Bonar Jadi 2”, “Laskar Pelangi”, dan “Ayat-Ayat Cinta” yang mengubrak film dan sinetron murahan (kualitas rendah dan terkesan hanya komersial; tidak ada nilai seni). Perfilman Indonesai saat ini berbeda dengan sinetron yang ada di beberapa stasiun TV swasta yang hancur banget. Lihat saja animasi ular, buaya, dan sejenisnya yang jelek habis.

Dibanding aksi di layar lebar perfilman Indonesia dengan Hollywood memang berbeda.

Rata-rata bayaran untuk aktor papan atas Indonesia per filmnya mencapai 100 juta. Sebut saja, Tora Sudiro konon pernah mendapat bayaran Rp 350 juta per filmnya (300 ribu dollar; hanya seperseratus bayaran aktor Hollywood). Sedangkan Ringgo Agus Rahman memperoleh Rp 200 juta per filmnya. Sedangkan aktris termahal adalah Nirina Zubir (Rp 250 juta/film) dan Luna Maya (Rp 200 juta/film).

Referensi: reuters, wikipedia, forbess, artis.indonesia, dan beberapa sumber lainnya. 8 Desember 2008

Angelina Jolie

Angelina Jolie

Oprah Winprey
Oprah Winprey
3 Komentar leave one →
  1. dedy permalink
    April 5, 2009 8:37 PM

    Wowwwwwww,,,,,4 film aja nirina dah dpet 1M…..
    Jdi nich….kawin ama ernes…..dah siap tuch fulusnya…….?????

  2. oktia permalink
    Mei 7, 2010 2:27 PM

    appah kabarr gw ??!!
    nunggu mpe lumutan baru dapat s.gtu !!

Trackbacks

  1. 9 Film Termahal Tahun 2008 « Mata camera Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: