Skip to content

NIC : Indonesia Negara Kuat tahun 2025

November 26, 2008

Pengaruh Amerika Serikat

NIC memprediksikan ditahun 2025, pengaruh hegemoni Amerika Serikat akan berkurang. Amerika masih dominan di bidang militer. Sedangkan di bidang teknologi dan sains, profilerasi sistem pertahanan akan berkurang.

Amerika masih berperan penting sebagai “penyimbang kekuatan regional” di Timur Tengah dan Asia, meskipun belakangan ini muncul reaksi anti-Amerika. Termasuk juga peran militer Amerika dalam memerangi teroris. Kekuatan Amerika akan memudar seiring meningkatnya kekuatan negara baru yakni China, Rusia dan China.

Prediksi ini sesuai dengan ramalan Arnold Toynbee, sejarawan Inggris ternama satu abad yang lalu, dia mengatakan bahwa abad 19 adalah abad Inggris, abad 20 adalah abad Amerika dan abad 21 adalah abad China. Di abad 21, pengaruh Amerika mirip dengan pengaruh Inggris di abad 20. Ramalan Toynbee diperoleh dari hasil riset sepanjang hidupnya berdasarkan sejarah dunia dan perubahan budaya….

Barat vs Timur

Trend peningkatan kesejahteraan dan kekuatan ekonomi global saat ini sedang bergeser dari negara Barat ke Timur, dan trend ini akan berlanjut terus. Rusia, China, India dan Brasil adalah negara-negara yang tumbuh pesat karena peningkatan harga komoditas pasar dan harga minyak. Industri-industri jasa dan manafuktur dipindahkan dari Barat ke Asia serta panen dolar oleh negara Teluk (Timur Tengah) dan Rusia karena kebutuhan “emas hitam” yang terus meningkat.

Tidak ada negara yang dapat menyamai level dari pertumbuhan China, India atau Rusia serta begitu juga tidak ada negara yang menyamai pengaruh global dari ketiga negara tersebut. China dipastikan memiliki pengaruh global yang jauh lebih kuat dalam 2 dekade mendatang dibanding negara-negara lain. Jika trend saat ini tetap berlanjut, tahun 2025 China akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-2 dan memiliki militernya yang ‘disegani’.

Negara Muslim

Badan Intelijen Amerika tersebut memprediksikan bahwa dalam 15 tahun mendatang, Turki mengalami perpaduan kekuatan Islam dan nasionalis, yang bakal menjadi model untuk mempercepat modernisasi negara-negara di Timur Tengah. “Turki sangat mungkin akan menuju perpaduan kekuatan Islam dan nasionalis, bakal menjadi model untuk mempercepat modernisasi negara-negara di Timur Tengah,” kata laporan itu.

Diantara negara-negara muslim, NIC meramalkan Iran, Indonesia dan Turki akan memiliki kekuatan politik dan ekonomi yang kuat dalam 15 tahun mendatang.
Turki akan memegang lebih banyak peran secara ekonomi dan politik di dunia internasional pada 2025, namun negara itu akan menjadi lebih Islami dan Nasionalis. NIC mengatakan pihaknya memperkirakan sekularisme di Timur Tengah akan menyurut sejalan dengan percontohan Turki.

“Di Timur Tengah, sekularisme — yang juga dianggap sebagai bagian integral model Barat —  mungkin menurun secara tajam karena partai-partai Islam mendominasi dan menguasai pemerintahan,” katanya.
“Turki saat ini, kami dapat melihat Islamisasi meningkat dan sangat menekankan pertumbuhan ekonomi dan modernisasi,” katanya.

Air dan Makanan

Bank Dunia memprediksikan permintaan sumber pangan akan meningkat 50% di tahun 2030, sebagai dampak peningkatan populasi dunia dan meningkatnya standar hidup serta perubahan pola konsumsi kaum menengah yang mengikuti ala Barat.

Sedangkan dalam ketersedian air bersih, jumlah negara yang kekurangan pasokan air bersih meningkat dari 23 negara (600 juta penduduk) saat ini menjadi 36 negara (1,4 milyar penduduk) di tahun 2025.
Kelangkaan air akan bertambah rawan di daerah Asia dan Timur Tengah. Hal ini akan menjadi persoalan utama dan kerjasama dalam menangani sumber air bersih menjadi lebih serius (hal sulit) di dalam maupun antar negara.
Dan juga, jika para pemimpin dunia memutuskan untuk menguasai sumber energi untuk keamanan domestik, maka pertikaian antar negara sudah tidak dapat dihindar lagi.

Prediksi dan Kesimpulan

Beberapa aspek lain yang dirilis oleh NIC mengenai trend perkembangan dunia hingga tahun 2025 yakni mengenai teroris, isu senjata nuklir, perkembangan situasi dan kondisi negara Afrika, penyakit yang berbahaya dan trend teknologi.

Jauh sebelum hasil rilis dari NIC, beberapa ahli juga telah memprediksikan kejatuhan negara-negara Barat, yang diikuti kebangkitan negara Timur. Kekuatan dunia akan kembali lagi ke asalnya, yakni Peradaban Sungai Huang Ho (China), Peradaban Hindustan (India) dan Peradaban Eufrat dan Tigris (Iran, Turki seharusnya Irak).

Arus pergeseran global ini semakin cepat bergerak, setelah negara seperti China, Rusia, India, Iran, Brasil, Venezuela, melaksanakan kebijakan pemerintah yang lebih mementingkan kepentingan negara dan usaha rakyat, daripada kepentingan perusahaan besar. Mereka membangun negara dengan landasan nasionalisme, dan secara ketat memproteksi liberalisme kapitalis yang didengung-dengunkan oleh Amerika dan sekutunya.

China memproteksi investasi perusahaan MNC sehingga tidak  secara bebas (liberal) menguasai sektor-sektor utama negara (yang menguasai kepentingan hajat orang banyak). Begitu juga mental orang India yang bangga dengan produk mereka (terus meningkatkan nilai produk), mendorong industri rakyat dan edukasi menggunakan produk dalam negeri (swadhesi) yang telah dirintis oleh founding father nya – Mahatma Gandhi. Begitu juga kesatuan rakyat Iran mendukung kemandirian dan tidak tunduk dengan kekuatan Amerika. Hal yang serupa dengan rakyat Amerika Latin, seperti pemimpin Hugo Chavez

Nilai Pelajaran

Bagaimana dengan Indonesia? Apa yang dapat kita pelajari?
Kita tidak harus percaya hasil ramalan NIC. Kebanyakan orang Indonesia mudah terlena, mendengar berita ini akan merasa senang dan “bermalas-malasan”, akibatnya bukan menjadi negara kuat, tapi sebaliknya menjadi negara pemalas dan lemah.

Untuk itu, kita perlu menyikapi dengan hal positif. Pertama, laporan ini mempertegas kebenaran bahwa jika suatu negara dibangun dengan landasan kekuatan ekonomi rakyat yang bermental nasionalis (bukan bermental kompeni, terjajah dan korup), maka Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan rakyat dapat hidup terhormat. Inilah hasil pemikiran Bung Karno dan para founding father yang tercantum dalam UUD 1945 (sebelum amandemen) pasal 33.

Pelajaran yang dapat kita pelajari adalah bangkitlah kebanggaan kita sebagai suatu bangsa yang besar, yang berdirikari (jangan terulang lagi kasus sikap pemerintah yang didikte Amerika untuk mendukung sanksi kepada Iran di tahun 2006), membantu UKM bagi rakyat kecil (jangan terulang lagi kasus memberi dana rakyat hingga ratusan triliun kepada pengusaha kaya melalui BLBI), pemerintah yang sarat KKN yang didikte IMF (kasus BCA, pemerintah menangani utang BCA, lalu menjual kembali BCA dengan nilai penjualan dibawah total utang yang ditanggung pemerintah). Dan terakhir gunakanlah produk dalam negeri (khususnya produk industri kecil dan menengah) dan berikan feedback positif untuk produk tersebut. Dan sebaliknya, pengusaha harus memiliki visi maju dengan mau menerima perbaikan yang disarankan konsumen.

Ayo, Bangkit dan Jangan lengah.
ech-wan @nusantaraku

Referensi :
www.antara.co.id
www.dni.gov

11 Komentar leave one →
  1. andhita permalink
    November 11, 2009 4:40 PM

    aq dukung bged, coz q pngen bged indo jd ngara kuat, tp aq sdkt rgu, coz, mta uang rupiah adlh mata uang trendh, itu kt guru ku!!!

    tp indo harus semagat, truz maju, lanjutkan pak Sby

  2. November 22, 2009 10:46 AM

    btul itu karena indonesia paling berpotensi nomor 3 di asia selain china dan india.
    jadi indonesia harus lebih maju dari negara-negara lain di asia .
    dan satu lagi MILITER kita harus di tingkat kan pak SBY, agar sewaktu-waktu bila ada serangan negara-negara asing kita sudah siap.
    kalau militer darat sih.. indonesia jangan di tanya ,
    Kopassus kan Organisasi paling kuat nomor 3 di dunia
    BRAVO INDONESIA!!!!!!!

  3. Maret 20, 2010 10:37 AM

    wah indonesia yang saya bayangkan dimasa depan adalah indonesia yang adidaya, dan menjunjung tinggi kearifan lokal

  4. Jungto Sinaga permalink
    Juni 15, 2010 8:16 PM

    Pada tahun 2016 tanda tanda kejayaan Indonesia sudah mulai muncul. Yang pada saat itu negera ini akan dipimpin oleh seseorang yang usianya masih dibawah usia 30 tahunan. Hal ini sesuatu hal yang diluar perhitungan.

  5. ahahaha permalink
    September 8, 2010 4:17 PM

    wwowowowowowoukgkukluth

    • Mei 16, 2011 10:40 PM

      Yahh kuat segala bidang.. kalo ternyata kuat tapi kekuatan itu sekadar untuk menakutin jiran tetangga apa gunanya.Kekuatan yang sebegitu hanya bersifat sementara aja dan kekuatan yang sebenarnya adalah ketahanan dan kesabaran kita melawan api kemarahan..

  6. ferry permalink
    Januari 29, 2012 9:15 PM

    semangat…

  7. HumairaAisyah permalink
    Mei 5, 2012 11:29 PM

    Kesalahan terbesar jika mengatakan “Iran” adalah negara Islam,,,Iran itu negara Syi’ah ,
    Indonesia menjadi negara kuat atau tidak jika selamanya tidak didukung oleh aqidah yg benar maka selama2nya Indonesia menjadi negara yang lemah,,, kenapa? karena masih diperbudak oleh setan,,,sedangkan “backing” dari banyak aset di dunia adalah “sang pemuja setan ” – “Rothschild-Rockefeller” dinasti terkaya dunia…………..kalau mau mengalahkan mereka,,,maka benahi akhlaq dan aqidah dari dalam…………….

  8. siup dan tdp permalink
    Juli 15, 2013 11:22 PM

    Do you have a spam problem on this site; I also am a blogger,
    and I was wanting to know your situation; we have created some nice procedures and we
    are looking to trade strategies with other folks, be sure to shoot me
    an email if interested.

  9. Juli 17, 2013 3:51 PM

    My programmer is trying to convince me to move to .
    net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on several
    websites for about a year and am anxious about switching to another platform.
    I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress posts into it?
    Any kind of help would be really appreciated!

  10. Januari 15, 2016 8:17 AM

    ASSALAMU ALAIKUM
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN anda punya MASALAH KUANGAN ,JANGAN PUTUS ASA..
    BELIAU SIAP MEMBANTU DENGAN…
    -DANA GOIB
    -JUAL MUSUH
    -NIKAH JIN
    -UANG BALIK
    -UANG MATENG
    -MEGGNDKAN UANG
    -GENDAM PENAKLUK
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -ANGKA/SIO JITU
    proses cepat di jamin 100% berhasil
    hubungi BELIAU :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)

    HP: 082334608008

    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA
    JAWA TIMUR
    WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: