Skip to content

Penurunan Harga BBM

Oktober 26, 2008
tags:

Seluk-beluk BBM di negeri kita.
26 Oktober 2008
ech-nusantaraku

Kontroversial kenaikan BBM di bulan Mei 2008 sudah berlalu. Aksi demonstrasi para mahasiswa dan elemen masyarakat pada saat itu terus berlangsung menuntut pemerintah tidak menaikkan harga BBM. Demonstrasi yang berlangsung ricuh di Senayan dan kampus UKI masih meninggalkan kesan derita bagi para demonstran dan aparat. Kenaikan BBM dan demonstrasi ini terjadi karena kenaikan harga minyak dunia dari US $ 60-an hingga melampaui US $ 120 per barel.

Kenaikan harga BBM diikuti dengan meroketnya harga kebutuhan pokok, naiknya harga makanan dan ongkos angkutan umum. Disamping itu, dampak kenaikan BBM telah mematikan sumber pencaharian masyakarat kecil yang sangat bergantung pada BBM. Secara umum, kenaikan BBM merupakan keputusan yang berdampak negatif kepada masyarakat.

Masih tingginya ketergantungan akan BBM sebagai sumber energi utama menjadi permasalahan mendasar. Meskipun Indonesia memiliki minyak bumi sendiri, namun kesalahan kebijakan pemerintah Orde Baru untuk memberikan korporasi asing untuk mengeksploitasi telah menyebabkan pemerintah harus membeli minyak kepada perusahaan asing yang mengambil minyak dari perut bumi kita sendiri. Pemerintah saat inipun masih bersikap stagnan dalam kasus ini, sehingga ketika harga minyak naik, pemerintah menaikkan harga BBM dengan alasan klasik mengurangi “subsidi”. Sesungguhnya jika negara bisa mengolah kekayaan  alam  dengan baik, tidak perlu ada istilah “subsidi”. Hasil penjualan minyak ke masyarakat dapat digunakan untuk mengimpor minyak (karena net importir country), dan sisanya digunakan untuk meningkat ekonomi kerakyatan.

Menurunnya harga minyak dunia

Akhirnya kebobrokan ekonomi kapitalis terbukti dengan bangkrutnya ekonomi finasial di negara liberal-kapitalis Amerika Serikat dan kebobrokan perbankan di Eropa dan Amerika. Dunia terjeremus ke kondisi resesi. Pajak dari rakyat digunakan untuk menanggung kerugian (kebangkrutan) lembaga finansial yang selama ini mendukung eksploitasi ekonomi. Hal ini dibarengi dengan turunnya konsumsi dunia (pertumbuhan ekonomi turun) sehingga berdampak turunnya harga minyak dunia.

Harga minyak mentah dari US$ 140 per barel (Juli 2008) turun menjadi US$ 70 per barel. Turunnya minyak mentah berarti harga BBM pasti turun. Sehingga anggaran yang digunakan pemerintah untuk “mensubsidi” minyak akan berkurang. Inilah menjadi alasan sebagian masyarakat mendesak pemerintah untuk menurunkan harga BBM.

Perlukah BBM turun saat ini?

Harapan sebagian besar masyarakat agar BBM turun ditanggapi secara baik (lebih bersifat politis menjelang 2009) oleh beberapa fraksi DPR. Fraksi PDI-P dan PKS sepakat untuk meminta pemerintah agar mau menurunkan harga BBM dengan alasan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang saat ini telah turun.

Masyarakat berharap jika BBM diturunkan, maka akan diikuti penuruan harga-harga kebutuhan pokok. Perlu disadari bahwa yang dibutuh masyarakat adalah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak.

Dampak positif penurunan BBM saat ini:

  • Meningkatnya kesejahteraan masyarakat bermata pencaharian yang bergantung BBM.
  • Turunnya BBM, diikuti menurunnya harga-harga kebutuhan pokok (harus ada regulasi pemerintah untuk menyesuaikan harga komoditas)
  • Industri-industri kecil yang terpuruk karena resesi keuangan global dapat bertarhan karena turunnya BBM sebagai komponen produksi.
  • Meningkatnya daya beli masyarakat
  • Sentimen positif oleh masyarakat maupun pihak pengusaha terhadap perekonimian Indonesia
  • Dampak negatif penurunan BBM saat ini:
  • Berkurangnya penghematan BBM.
  • Masyarakat golongan atas akan jauh merasa diuntungkan
  • Penurunan BBM tanpa diikuti penurunan harga komoditas, hanya menguntungkan para pemilik komoditas, dan merugikan konsumen.

Kesimpulan

Dalam waktu dekat ini, sebaiknya pemerintah tidak menurunkan harga BBM, karena:

1. Tren harga minyak yang masih fluaktuatif.
Jika minyak naik lagi, akan terjadi polemik kenaikan BBM lagi. Sedabgkan kurs rupiah anjlok terhadap dolar, sehingga perbedaan masih relatif kecil.

2. Kecilnya dampak penurunan BBM secara langsung ke masyarakat umum.
Meskipun BBM yang murah untuk jangka panjang merupakan kebijakan pro-rakyat, namun untuk saat ini, jika terjadi penurunan harga BBM, harga komoditas dapat dipastikan tetap tinggi (karena berbagai faktor). Sehingga hanya akan menguntungkan sebagian pihak, namun masyarakat umum hanya memperoleh keuntungan yang kecil.

3. Anggaran pemerintah yang masih sangat dipengaruhi oleh BBM
Perubahan harga minyak, kurs dollar mempengaruhi harga BBM

4. Melakukan program ekonomi jangka panjang
Kelebihan dana karena berkurangnya “subsidi” dapat digunakan untuk mengatasi krisis finansial dan melaksanakan program ekonomi kerakyatan. Bukan dengan program BLT yang bersifat instan.

Jika, harga minyak dunia bertahan stabil di posisi 60-90 dolar per barel selama lebih dari 2 bulan dan kurs rupiah menguat dibawah level 9500, sudah seharusnya pemerintah menurunkan harga BBM demi kesejahateraan rakyat. Penurunan BBM ini haruslah memiliki dampak yang besar, dalam artian pemerintah semestinya menurunkan solar ke level Rp 4500 dan premium ke level Rp 5000. Jika tidak, penerunan BBM tidak akan berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat kecil.

Hal utama saat ini adalah pemerintah melaksanakan kebijakan membangun ekonomi kerakyatan dengan mendukung usaha-usaha rakyat yang padat karya. Jika masyarakat memiliki usaha dan pendapatan, maka secara otomatis daya beli masyarakat meningkat. Gunakan anggaran untuk menumbuhkan pertanian, perkebunan, produk olahan maupun perikanan.

Selama fondasi ekonomi masyarakat rendah (penghasilan kecil ataupun penggaraun), walaupun harga BBM turun, mereke tetap saja tidak mampu membeli. Sedangkan, jika mereka berpenghasilan (bekerja atau memiliki usaha), mereka akan tetap mampu membeli barang kebutuhan.

Semoga bermanfaat.
Tulisan baru (setelah premium turun) :
https://nusantaranews.wordpress.com/2008/12/03/subsidi-bbm-istilah-yang-menyesatkan/

2 Komentar

Trackbacks

  1. info harga bbm - RTH
  2. Harga Kaos Dalam Playboy - Kaos Wanita Murah

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: